%0 Thesis %9 Skripsi %A Supriyadi, NIM.: 01440957-00 %B FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN %D 2005 %F digilib:70254 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %K media pembelajran; media OHP; VCD; prestasi belajar %P 134 %T PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA VCD DAN MEDIA OHP DALAM PEMBELAJARAN KIMIA TERHADAP PRESTASI BELAJAR KONSEP ZAT RADIOAKTIF DAN PENGGUNAAN RADIOISOTOP STSWA KELAS II SMA KOLOMBO SLEMAN YOGYAKARTA TAHUN PELAJARAN 2004/2005 %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/70254/ %X Penelitian ini bertujuan mengetahui perbedaan antara pengaruh penggunaan media VCD dengan media OHP dalam pembelajaran kimia terhadap prestasi belajar konsep zat radioaktif dan penggunaan radioisotop. Penelitian ini dilakukan di SMA Kolombo Sleman Yogyakarta dengan sampel sebanyak 47 siswa, yang terdiri dari kelas II D sebanyak 25 siswa sebagai kelompok eksperimen yang diberi pelajaran dengan media VCD dan kelas II A sebanyak 22 siswa sebagai kelompok kontrol yang diberi pelajaran dengan media OHP. Desain penelitian eksperimen yang digunakan adalah desain pola Posttest-Only Control Design, sedangkan metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode tes dalam bentuk soal pilihan ganda. Validitas instrumen telah diuji dengan korelasi produk moment (rxy). Sedangkan untuk mengetahui reliabilitas digunakan rumus KR-20, dengan koefisien reliabilitas 0,871. Uji prasyarat analisis menggunakan rumus Chi-kuadrat untuk uji normalitas dan rumus uji-F untuk uji homogenitas. Pengujian hipotesis melalui uji-t dengan taraf signifikansi 5 % dengan db = (n1 + n2 - 2). Uji hipotesis menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara prestasi belajar kitnia untuk konsep zat radioaktif dan penggunaan radioisotop pada siswa yang di ajar dengan menggunakan media VCD dengan siswa yang diajar dengan menggunakan media OHP dalam penyampaian konsep tersebut. Diketahui pula rata-rata prestasi belajar kimia siswa yang menggunakan media VCD lebih baik dibandingkan dengan rata-rata prestasi belajar kimia siswa yang di ajar dengan menggunakan OHP. Hal tersebut ditunjukkan dengan harga t-hitung sebesar 3,127 lebih besar dari t-tabel pada db=45, taraf signifikansi 5 % sebesar 2, 0141. Berdasarkan kriteria pengujian yang ditetapkan, maka dapat disimpulkan bahwa pembelajaran kimia untuk konsep zat radioaktif dan penggunaan radioisotop yang menggunakan media VCD lebih efektif untuk meningkatkan prestasi belajar kimia siswa kelas II SMA Kolombo Sleman Yogyakarta. %Z Sukiman, S.Ag., M.Pd