%0 Thesis %9 Skripsi %A Syaiful Fahmi, NIM.: 01430933 %B FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN %D 2006 %F digilib:70297 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %K Pengelolaan data; matematisasi berjenjang; siswa tunanetra %P 135 %T PEMBELAJARAN MATERI PENGELOLAAN DATA DENGAN PENDEKATAN MATEMATISASI BERJENJANG PADA SISW A TUNANETRA KELAS D-6 SLB-A YAKETUNIS YOGYAKARTA %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/70297/ %X Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran materi pengelolaan data dengan menggunakan pendekatan matematisasi berjenjang pada siswa tunanetra kelas D-6 SLB-A Yaketunis Yogyakarta dalam meningkatkan basil belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan subjek penelitian siswa kelas D-6 sebanyak 5 siswa pada SLB-A Yaketunis Yogyakarta semester II Tahun pelajaran 2005/2006. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan lembar observasi, jumal halian, wawancara tidak terstruktur, lembar ke1ja siswa, dokumentasi dan tes. Analisis data yang digunakan adalah analisis data secara deskriptif kualitatif, data diperoleh dalam penelitian ini berupa data hasil observasi tentang proses pembelajaran, dan jurnal harian. Data tambahan sebagai pertimbangan diperoleh dari wawancara tidak terstruktur dengan siswa dan data dari foto kamera. Penelitian ini dilakukan dengan tiga siklus atau tindakan. Setiap siklus menggunakan media atau metode pembelajaran yang berbeda-beda, namun tetap mengacu pada pendekatan matematisasi berjenjang. Siklus I menggunakan metode yang biasa digunakan oleh guru dalam pembelajaran di kelas yaitu metode ceramah dengan pendekatan matematisasi berjenjang pada sub pokok bahasan membaca dan mengumpulk.an data. Hasil penelitian pada siklus I menunjukan peningkatan basil belajar siswa yaitu: Fq meningkat 23,07 %, Bm 28,57 %, Dn 25 %, End 20,93 % dan Es 33,33 %. Rata-rata peningkatan pada tindakan I adalah sebesar 26,18 %. Siklus II menggunakan media kaset sebagai alat atau media dalam pembelajaran dengan pendekatan matematisasi berjenjang pada pokok bahasan mengurutkan dan meyajikan data. Hasil penelitian pada siklus II menunjukan peningkatan hasil belajar siswa yaitu: Fq meningkat 13,39 %, Bm 20 %, Dn 19, 16 %, End 11 , 11 % dan Es 11 , 11 %. Rata-rata peningkatan pada tindakan II adalah sebesar 14,95 %. Siklus III menggunakan metode pembelajaran di luar kelas dengan pendekatan matematisasi berjenjang pada sub pokok bahasan menentukan mean, modus dan median. Hasil penelitian pada siklus III menunjukan peningkatan hasil belajar siswa yaitu: Fq meningkat 25,53 %, Bm 6,25 %, Dn 25,53 %, End 20 % dan Es 20 %. Rata-rata peningkatan pada tindakan lll adalah sebesar 19,46 % %Z Drs. Subagya, M.Si