eprintid: 70313 rev_number: 12 eprint_status: archive userid: 12243 dir: disk0/00/07/03/13 datestamp: 2025-02-24 08:33:44 lastmod: 2025-02-24 08:33:44 status_changed: 2025-02-24 08:33:44 type: thesis metadata_visibility: show contact_email: muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id creators_name: Siti Arfiah, NIM : 01420899-99 title: PERANAN MUSIK DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB (Analisis Pemikiran Georgi Lozanov) ispublished: pub subjects: 492.78 divisions: jur_pba full_text_status: restricted keywords: pembelajaran Bahasa Arab; musik note: Abdul Munip, M.Ag abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis secara kritis tentang peranan musik dalam pembelajaran bahasa Arab. Hasil penelitian ini diharapkan dapat dipergunakan oleh semua orang yang berkecimpung dalam dunia pendidikan khususnya bahasa Arab sebagai salah satu referensi kegunaan musik dalam pembelajaran bahasa Arab. Disamping itu juga, agar penyampaian materi pelajaran bahasa Arab dapat semakin bervariasi, cepat dicerna, dan mudah diingat. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan mengambil latar sekolah umum. Karena menurut penulis, musik dapat digunakan ditingkatan sekolah mana saja, tidak terkecuali perguruan tinggi. Pengumpulan data dilakukan dengan cara mengumpulkan referensi yang berkaitan dengan judul yang penulis angkat. Sumber data berasal dari buku-buku koleksi perpustakaan, skripsi-skripsi terdahulu, artikel-artikel, internet, dan juga buku-buku koleksi pribadi. Analisis data dilakukan dengan memberikan makna terhadap data yang berhasil dikumpulkan, dan dari makna itulah ditarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Pemikiran Georgi Lozanov tentang musik dalam pembelajaran bahasa asing menurut pengamatan penulis secara garis besar dapat diterapkan dalam pembelajaran bahasa Arab, karena bahasa Arab yang akan dipelajari di Indonesia merupakan bahasa asing atau bahasa kedua. Disamping itu, perlu diingat pula bahwa pemikiran Lozanov banyak diadopsi oleh berbagai metode pembelajaran lainnya selain metode accelerated learning. Karena itulah, dalam skripsi ini, sumber literatur penggunaan musik dalam pembelajaran bahasa Arab sangat bervariasi. (2) Tujuan penggunaan musik dalam pembelajaran bahasa Arab merupakan sebuah upaya memperbaiki anggapan bahwa mempelajari bahasa asing seperti bahasa Arab tidak menarik dan sulit, sehingga banyak dari para murid yang merasa bosan, lebih bahaya lagi jika mereka merasa bahwa mereka bodoh dan tidak berbakat. Lewat penggunaan musik, diharapkan dapat menjadikan pembelajaran bahasa Arab menjadi menyenangkan dan mudah dicerna. Selain itu, sugesti negatif yang tidak sengaja dimiliki guru dan murid dapat sedikit demi sedikit berubah menjadi sugesti positif lewat musik yang disajikan saat proses pembelajaran berlangsung. Musik yang digunakan dapat berupa musik latar belakang atau lagu gubahan yang dapat dibuat sendiri oleh guru atau murid. (3) Prosedur penerapan musik dalam pembelajaran bahasa Arab dapat diambil dari berbagai literatur yang berhubungan dengan penggunaan musik dalam pembelajaran. Semua ini dikarenakan sumber tertulis yang memuat pemikiran Georgi Lozanov tidak memuat cara praksis penerapan musik dalam kelas bahasa asing. ( 4) Bagi seorang guru yang ingin menerapkan musik dalam pembelajaran bahasa Arab, tidak perlu memiliki keterampilan dan pengetahuan yang Iuas mengenai musik. Cukup hanya bermodalkan sikap ingin tahu dan berusaha keras memperoleh pengalaman mengajar bahasa Arab yang menyenangkan dan bebas stress, penulis berharap guru bahasa Arab dari hari ke hari dapat menjadi lebih kreatif dan terbuka dengan segala perkembangan yang ada. date: 2005-08-11 date_type: published pages: 136 institution: UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA department: FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: Siti Arfiah, NIM : 01420899-99 (2005) PERANAN MUSIK DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB (Analisis Pemikiran Georgi Lozanov). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/70313/1/01420899-99_BAB%20I_V_DAFTARPUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/70313/2/01420899-99_BAB%20II_BAB%20III_BAB%20IV.pdf