eprintid: 70416 rev_number: 10 eprint_status: archive userid: 12460 dir: disk0/00/07/04/16 datestamp: 2025-03-03 06:25:24 lastmod: 2025-03-03 06:25:24 status_changed: 2025-03-03 06:25:24 type: thesis metadata_visibility: show contact_email: muh.khabib@uin-suka.ac.id creators_name: Ahmad Faisal Rizqi Akbar, NIM.: 18104010104 title: STRATEGI PEMBELAJARAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR’AN SISWA KELAS IX SMP NEGERI 1 BOROBUDUR KABUPATEN MAGELANG TAHUN AJARAN 2023/2024 ispublished: pub subjects: 371.36 divisions: jur_pai full_text_status: restricted keywords: Al-Qur'an, Kemampuan Membaca, Pendidikan Agama Islam note: Yuli Kuswandari, M.Hum abstract: Peran seorang guru Pendidikan Agama Islam menjadi sangat penting untuk membantu dan mendorong peningkatan minat serta kemampuan baca-tulis AlQur'an pada peserta didiknya. Penelitian ini mengambil subjek di SMP Negeri 1 Borobudur, yang dilatarbelakangi oleh minat dan kemampuan membaca tulis AlQur'an pada remaja, terutama di usia sekolah mereka yang cenderung menurun. Pengaruh dari teknologi dan media sosial telah mengalihkan perhatian mereka dari pembelajaran Al-Qur'an. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan mengenai strategi guru PAI dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an, tentang proses membaca Al-Qur’an dan mengulas tentang kemampuan membacal Al-Qur’an di SMP Negeri 1 Borobudur. Jenis penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Subjek penelitiannya yaitu Guru PAI dan siswa di SMP Negeri 1 Borobudur dan informannya adalah Kepala Sekolah SMP Negeri 1 Borobudur. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan berdasarkan analisis deskriptif yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini yaitu: (1) Guru mengelompokkan siswa berdasarkan kemampuan baca Al-Qur’an, dengan menggunakan strategi sorogan, klasikal individual, klasikal baca simak. Metode yang digunakan metode Iqro’ dan Qiro’ati. (2) Guru membiasakan baca Al-Qur’an sebelum belajar memulai pelajaran. (3) Guru memberikan latihan hapalan untuk anak yang lancar membaca Al-Qur’an dan belajar khusus Iqro’ untuk anak yang masih belajar huruf hijaiyyah. siswa yang memiliki kemampuan tahsin yang baik dan tidak memiliki tahsin yang tidak baik. date: 2024-12-27 date_type: published pages: 140 institution: UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA department: FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: Ahmad Faisal Rizqi Akbar, NIM.: 18104010104 (2024) STRATEGI PEMBELAJARAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR’AN SISWA KELAS IX SMP NEGERI 1 BOROBUDUR KABUPATEN MAGELANG TAHUN AJARAN 2023/2024. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/70416/1/18104010104_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/70416/2/18104010104_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf