eprintid: 70423 rev_number: 10 eprint_status: archive userid: 12460 dir: disk0/00/07/04/23 datestamp: 2025-03-03 07:10:22 lastmod: 2025-03-03 07:10:22 status_changed: 2025-03-03 07:10:22 type: thesis metadata_visibility: show contact_email: muh.khabib@uin-suka.ac.id creators_name: Prabellia Putri Dannar Kusuma, NIM.: 20104040045 title: PENGEMBANGAN LKPD (LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK) BERBASIS RME (REALISTIC MATHEMATIC EDUCATION) PADA MATERI TEOREMA PYTHAGORAS DENGAN KONTEKS BENTENG VAN DEN BOSCH NGAWI UNTUK MEMFASILITASI KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA ispublished: pub subjects: 371.33 divisions: pr_pendidikan_matematika_s1 full_text_status: restricted keywords: LKPD, RME, Pemahaman Konsep Matematis note: Dr. Iwan Kuswidi, S.Pd., I., M.Sc abstract: Penelitian ini bertujuan mengembangkan LKPD Berbasis RME dengan konteks Benteng Van Den Bosch pada materi teorema pythagora untuk memfasilitasi pemahaman konsep. Pemahaman Konsep sangat Penting bagi peserta didik karena memahami konsep matematika, menjelaskan keterkaitan antar konsep dan mengaplikasikan konsep atau algoritma, secara luwes, akurat, efisien, dan tepat dalam pemecahan masalah. Kenyataan dilapangan pemahaman konsep peserta didik masih tergolong rendah. solusi untuk mengatasi permaslahan tersebut adalah dengan dikembangkan LKPD berbasis RME. Model pengembangan pada penelitian pengembangan ini adalah 4D. Tahap 4D meliputi Define, Design, Develop, dan Disseminate. Adapun instrument yang akan digunakan pada penelitian ini, yaitu Modul ajar, Tes posstest. Angket respon guru dan peserta didik, dan LKPD berbasis RME. Penelitian dilaksanakan di SMP Negeri 2 Ngawi. Subjek yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari dosen pendidikan matematika, guru mata pelajaran matematika, dan peserta didik kelas VIII A SMP Negeri 2 Ngawi. Kriteria kevalidan LKPD ini dengan mendapat kategori minimal baik dari hasil penilaian ahli pada segi media dan materi, serta dari hasil uji coba lapangan pada segi kepraktisan dan keefektifan. LKPD ini telah melewati penilaian dari dua jenis ahli, yakni ahli media dan ahli materi. Hasil dari penilaian ahli media dan materi mendapat nilai yang sama sebesar 4,6 (sangat baik). Hasil kepraktisan dari hasil uji coba lapangan mendapatkan nilai untuk angket respon guru sebesar 3,3 (baik) dan angket respon peserta didik sebesar 3,1 (baik). Hasil keefektifan mendapatkan persentase ketuntasan sebesar 85% dari hasil posttest yang artinya produk termasuk efektif dalam memfasilitasi kemampuan pemahaman konsep matematis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa LKPD berbasis RME berkualitas dan layak digunakan sebagai media pembelajaran yang memfasilitasi kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didik. date: 2025-01-31 date_type: published pages: 388 institution: UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA department: FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: Prabellia Putri Dannar Kusuma, NIM.: 20104040045 (2025) PENGEMBANGAN LKPD (LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK) BERBASIS RME (REALISTIC MATHEMATIC EDUCATION) PADA MATERI TEOREMA PYTHAGORAS DENGAN KONTEKS BENTENG VAN DEN BOSCH NGAWI UNTUK MEMFASILITASI KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/70423/1/20104040045_BAB%20I_BAB%20V_DAFTAR%20PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/70423/2/20104040045_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf