eprintid: 70424 rev_number: 11 eprint_status: archive userid: 12460 dir: disk0/00/07/04/24 datestamp: 2025-03-03 07:19:57 lastmod: 2025-03-03 07:21:14 status_changed: 2025-03-03 07:19:57 type: thesis metadata_visibility: show contact_email: muh.khabib@uin-suka.ac.id creators_name: Badiyaturrahmah, NIM.: 21104020062 title: MAFHUM AL-I‘RAB WA AL-QIYAM AL-TARBAWIYAH AL-TABI‘IYAH FI ‘ILM AL-NAHW (DIRASAH TAHLILIYAH BI-KITAB NAHW AL-QULUB LI AL-IMAM AL-QUSHAYRI) ispublished: pub subjects: 370.114 divisions: jur_pba full_text_status: restricted keywords: Konsep I’rab, Pendidikan Karakter, Kitab Naḥwu al-Qulub note: Drs. Dudung Hamdun, M.Si abstract: Permasalahan yang melatarbelakangi penelitian ini adalah anggapan bahwa i’rab adalah keistimewaan ilmu naḥwu yang menyulitkan pembelajar bahasa Arab dan tidak ada keterkaitannya dengan kehidupan. Selain itu, di era 4.0. ini terjadi banyaknya kasus degradasi moral pelajar. Oleh karena itu, tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui bagaimana konsep i’rab dalam kitab Naḥwu al-Qulub karya Imam al-Qusyairi, 2) Untuk mengetahui apa saja nilai-nilai pendidikan karakter yang terkandung dalam konsep i’rab kitab Naḥwu al-Qulub karya Imam al-Qusyairi. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian pustaka (library research) dengan pendekatan kualitatif. Peneliti menggunakan teknik pengumpulan data dokumentasi dan wawancara kepada pengajar kitab Naḥwu al-Qulub karya Imam al-Qusyairi. Analisis deskriptif peneliti gunakan untuk mengetahui konsep i’rab dalam kitab Naḥwu al-Qulub. Sedangkan analisis isi (content analysis) peneliti gunakan untuk mengetahui nilai-nilai pendidikan karakter yang terkandung dalam konsep i’rab kitab Naḥwu al-Qulub. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Konsep i’rab dalam kitab Naḥwu al-Qulub karya Imam al-Qusyairi tidak jauh berbeda dengan pembahasan i’rab dalam kitab naḥwu lainnya, akan tetapi dalam setiap pembahasan terdapat keterkaitannya dengan ilmu taṣawwuf. 2) Dimensi taṣawwuf dalam konsep i’rab kitab Naḥwu al-Qulub mengandung 22 nilai-nilai pendidikan karakter yang dikelompokkan dalam tiga kategori, yaitu 1) Nilai-nilai pendidikan karakter yang berhubungan dengan nilai keagamaan (religius), yang terdiri dari muhasabah diri, zuhud, wara’, tawadhu’, tawakkal, istiqomah, haya’, khumul, niat belajar karena Allah Swt, qath al-‘alaiq, ikhlas, menjauhkan diri dari ujub, dan senantiasa berdoa kepada Allah Swt, 2) Nilai-nilai karakter yang berhubungan dengan sifat individu, yang terdiri dari kontrol diri (self control), menyiapkan jiwa dan raga dalam belajar, tangguh, cita-cita tinggi, dan kerja keras, 3) Nilai-nilai pendidikan karakter yang berhubungan dengan hubungan antara invidu satu dengan yang lain (sesama), yang terdiri dari sopan santun, bersikap adil, taat dan patuh pada peraturan sekolah, norma agama dan masyarakat, dan memilih pergaulan yang sehat. date: 2025-01-30 date_type: published pages: 118 institution: UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA department: FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: Badiyaturrahmah, NIM.: 21104020062 (2025) MAFHUM AL-I‘RAB WA AL-QIYAM AL-TARBAWIYAH AL-TABI‘IYAH FI ‘ILM AL-NAHW (DIRASAH TAHLILIYAH BI-KITAB NAHW AL-QULUB LI AL-IMAM AL-QUSHAYRI). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/70424/1/21104020062_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/70424/2/21104020062_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf