TY - THES N1 - Dr. Dailatus Syamsiyah, S.Ag., M.Ag ID - digilib70430 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/70430/ A1 - Nurarsyi Nugrahawati, NIM.: 22204022018 Y1 - 2025/01/30/ N2 - Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan berbahasa Arab yang dimiliki siswa, khususnya keterampilan membaca, karena sulit unutk memahami materi yang disajikan. Hal ini menyebabkan kurangnya antusias siswa dalam mempelajari bahasa Arab. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan e ? modul pembelajaran bahasa Arab di SMA Muhammadiyah 7 Yogyakarta untuk meningkatkan keterampilan siswa dalam membaca. Penelitian ini merupakan penelitian Research and Development (R&D) dengan mengacu pada model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation and Evaluation). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X SMA 7 Muhammadiyah Yogyakarta . Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, tes, angket dan dokumentasi. Adpaun data-data berupa angka yang dianalisis menggunakan uji independent Sample T-Test dan uji N-Gain dengan bantuan IBM SPSS 27. Hasil dari penelitian ini adalah; 1) Produk berupa e ? modul pembelajaran bahasa Arab yang memuat materi kelas X dengan tema wasi>latut tawa>sulil ijtima>?i, al ?ilmu fi> haya>tina>, alhiwa>yah, dan qishatun nabiy . 2) Hasil analisis e ? modul pembelajaran yang telah dikembangkan berawal dari hasil uji kelayakan para ahli yaitu, ahli materi dan ahli media. Hasil persentase rata-rata kesleuruhan aspek yang dinilai dari ahli materi sebesar 91%, sedangkan ahli media sebesar 96% dan keduanya termasuk dalam kategori ?sangat layak?. Hasil uji T-test data Post-test kelas kontrol dan kelas eksperimen sebesar 0,00 dengan begitu PB - UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA KW - E ? Modul Pembelajaran KW - Pembelajaran Bahasa Arab KW - Keterampilan Membaca M1 - masters TI - PENGEMBANGAN E ? MODUL PEMBELAJARAN BAHASA ARAB UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA SISWA DI SMA MUHAMMADIYAH 7 YOGYAKARTA AV - restricted EP - 188 ER -