@phdthesis{digilib70456, month = {February}, title = {PENGEMBANGAN E-MODUL FLIPBOOK BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING PENDIDIKAN PANCASILA PADA MATERI NORMA DI MASYARAKAT UNTUK PESERTA DIDIK KELAS IV SEKOLAH DASAR}, school = {UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA}, author = {NIM.: 21104080030 Yahya Khoirul Aziz}, year = {2025}, note = {Dr. Sedya Santosa, SS, M.Pd}, keywords = {E-modul Flipbook, Norma Masyarakat, Pendidikan Pancasila}, url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/70456/}, abstract = {Penelitian ini bertujuan: (1) mengetahui kelayakan e-modul flipbook berbasis problem based learning Pendidikan Pancasila pada materi norma di masyarakat untuk peserta didik kelas IV Sekolah Dasar, (2) mengetahui respon guru dan peserta didik terhadap e-modul flipbook berbasis problem based learning Pendidikan Pancasila pada materi norma di masyarakat untuk peserta didik kelas IV Sekolah Dasar. Jenis penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R\&D) dengan model 4D Thiagrajan. Penelitian ini menggunakan 3 tahap dari model 4D Thiagrajan yaitu Define (Pendefinisian), Design (Perancangan), dan Develop (Pengembangan). Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri Nanggulan Kabupaten Sleman. Data dalam penelitian ini bersumber dari ahli materi, ahli media, ahli Bahasa, respon peserta didik, dan guru. Hasil dari validasi kelayakan pada e-modul flipbook berbasis problem based learning Pendidikan Pancasila pada materi norma di masyarakat untuk peserta didik kelas IV Sekolah Dasar mendapatkan nilai dari ahli materi penilaian ahli materi mendapatkan skor 74 dari 75 dengan persentase 98,66\% yang termasuk kategori sangat layak dari segi kesesuaian dengan capaian pembelajaran, kebermanfaatan materi terhadap pengetahuan, kesesuaian dengan kebutuhan bahan ajar, dan kesesuaian dengan kebutuhan peserta didik. Pada penilaian ahli media mendapatkan skor 95 dari 100 dengan persentase 95\% yang termasuk kategori sangat layak dari segi kejelasan tujuan, kerunutan penyajian, pemberian motivasi, pemberian stimulus dan respon, kelengkapan informasi, kejelasan font yang digunakan, pengunaan layout dan tata letak, kemenarikan cover modul, dan kesesuaian isi modul dengan desain. Kemudian, pada penilaian ahli bahasa mendapatkan skor 73 dari 75 dengan persentase 97,33\% yang termasuk kategori sangat layak dari segi penggunaan bahasa komunikatif, penggunaan bahasa yang sesuai dengan PUEBI, dan penggunaan bahasa yang sesuai dengan perkembangan peserta didik. Dan respon guru mendapatkan skor 80 dari 100 dengan persentase 80\% termasuk kategori baik dari aspek isi, kebahasaan, penyajian, dan kegrafisan. Respon peserta didik mendapatkan skor 248 dari 260 dengan persentase 95,38\% termasuk kategori sangat baik dari apek isi, kebahasaan, dan penyajian.} }