eprintid: 70504 rev_number: 10 eprint_status: archive userid: 12243 dir: disk0/00/07/05/04 datestamp: 2025-03-10 06:38:18 lastmod: 2025-03-10 06:38:18 status_changed: 2025-03-10 06:38:18 type: thesis metadata_visibility: show contact_email: muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id creators_name: Hafidzotun Nafi’ah, NIM.: 22204022016 title: INTEGRASI PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN DIGITAL KAIDATUNA BERBASIS KEARIFAN LOKAL DI MADRASAH DINIYAH NURUSSALAM KRAPYAK ispublished: pub subjects: 492.78 divisions: p-ba full_text_status: restricted keywords: media digital; media pembelajaran; Kaidatuna; kearifan lokal note: Dr. Rohmatun Lukluk Isnaini., S.Pd.I, M.Pd.I. abstract: Penelitian ini dilatar belakangi oleh rasa bosan yang ditandai dengan peserta didik mengantuk, membolos dan mengobrol saat pembelajaran qawa’id. Hal tersebut disebabkan oleh penggunaan media pembelajaran yang masih bersifat konvensional dan belum terintegrasi dengan kearifan lokal. Integrasi pengembangan media pembelajaran digital berbasis kearifan lokal menjadi upaya yang dapat menyelesaikan masalah tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk membuat desain media pembelajaran digital kaidatuna berbasis kearifan lokal serta mengukur efektivitasnya dalam pembelajaran qawā’id di Madrasah Diniyah Nurussalam Krapyak. Penelitian ini merupakan jenis penelitian R&D dengan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas 1 Madrasah Diniyah Nurussalam Krapyak. Pengumpulan data dilakukan dengan cara tes, observasi, wawancara, dokumentasi dan angket. Uji analisis data menggunakan uji validitas, uji normalitas, uji homogenitas, dan uji paired sampel t-test. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Pengembangan media pembelajaran digital kaidatuna berbasis kearifan lokal diawali dengan analisis kebutuhan peserta didik yang menghasilkan bahwa peserta didik membutuhkan inovasi media pembelajaran yang menarik dan terintegrasi dengan kearifan lokal. Tahap kedua adalah merancang produk dengan mengacu pada kurikulum yang digunakan dan diintegrasikan dengan kearifan lokal. Tahap ketiga adalah proses pembuatan produk sesuai dengan desain yang telah dirancang. Tahap keempat adalah penerapan produk yang telah dikembangkan pada proses pembelajaran di kelas 1 Madrasah Diniyah Nurussalam. Tahap terakhir adalah evaluasi. Proses evaluasi dilakukan dalam dua aspek, yaitu respon dan hasil peserta didik. Diketahui hasil respon peserta didik sebesar 81% dengan kriteria “Sangat Baik” dan hasil rata-rata posttest yang diperoleh sebesar 86,2 (2) Hasil uji efektivitas media pembelajaran digital kaidatuna berbasis kearifan lokal mendapatkan nilai signifikansi sebesar 0,01 atau < 0,05, maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan media pembelajaran digital kaidatuna berbasis kearifan lokal di Madrasah Diniyah Nurussalam Krapyak terbukti efektif. Peneliti memberikan saran agar media pembelajaran digital kaidatuna berbasis kearifan lokal dapat digunakan dalam proses pembelajaran khususnya pada mata pelajaran qawā’id. date: 2024-12-13 date_type: published pages: 167 institution: UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA department: FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN thesis_type: masters thesis_name: other citation: Hafidzotun Nafi’ah, NIM.: 22204022016 (2024) INTEGRASI PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN DIGITAL KAIDATUNA BERBASIS KEARIFAN LOKAL DI MADRASAH DINIYAH NURUSSALAM KRAPYAK. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/70504/1/22204022016_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/70504/2/22204022016_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf