%0 Thesis %9 Masters %A Dwi Arian Putra Mandaka, NIM.: 22204022013 %B FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN %D 2025 %F digilib:70505 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %K media pembelajaran; Maharah al-Kalam; pendekatan komunikatif; monopoli %P 190 %T PENGEMBANGAN MEDIA MONOPOLI DALAM PEMBELAJARAN MAHARAH AL-KALAM DENGAN PENDEKATAN KOMUNIKATIF PADA SISWA MTsN 6 SLEMAN %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/70505/ %X Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya media dalam pembelajaran bahasa Arab di MTsN 6 Sleman yang selama ini hanya bergantung pada buku teks dan metode ceramah, serta kurangnya latihan dalam berbicara bahasa Arab. Oleh karena itu, Tujuan penelitian ini adalah: (1) mengembangkan media monopoli pembelajaran bahasa Arab berbasis pendekatan komunikatif, dan (2) mengetahui efektivitas media tersebut bagi siswa. Penelitian ini merupakan penelitian Research and Development (R&D) dengan mengacu pada model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation and Evaluation). Untuk mengetahui efektivitas media monopoli, penelitian menggunakan metode penelitian eksperiment tipe Non- Equivalent Control Group design. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII MTsN 6 Sleman. Pendekatan komunikatif digunakan sebagai landasan untuk mengembangkan media monopoli yang bertujuan mengajarkan komunikasi lisan secara efektif. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, kuesioner, dokumentasi, dan tes. Kemudian data berupa angka yang dianalisis menggunakan uji Independent Sample T-Test, dan uji N-Gain dengan bantuan IBM SPSS 27. Hasil dari penelitian ini adalah; 1) Produk berupa media monopoli bahasa Arab dengan pendekatan komunikatif, Memuat materi kelas VIII semester ganjil dengan tema As-Sa’ah, yaumiyātinā, Al-hiwāyah dengan pendekatan komunikatif. 2) Hasil Analisis media yang telah dikembangkan berawal hasil uji kelayakan para ahli, terdiri dari ahli media dan ahli materi. Hasil presentase rata-rata keseluruhan aspek yang dinilai dari ahli media sebesar 91,00%, sedangkan ahli materi sebesar 84,00% dan keduanya termasuk dalam kategori “sangat layak”. Respon guru dan siswa terhadap media monopoli yang dikembangkan sangat baik. Rata-rata respon guru pada keseluruhan aspek yang dinilai adalah 91,25%, sedangkan rata-rata respon siswa dari keseluruhan aspek yang dinilai adalah 86,76%. Dengan drajat dari kedua persepsi tersebut yakni “sangat baik”. Hasil uji T-test data Post-Test kelas eksperimen dan control sebesar 0,001 dengan begitu Ha diterima dan Ho ditolak, berarti dari data tersebut dapat disimpulkan bahwa ada perubahan yang signifikan terjadi pada siswa, dan hasil N-Gain score kelas eksperiment dengan mean sebesar 0,62 atau 62,72% dengan kateogri tafsiran “cukup efektif”. Sehingga dapat disimpulkan bahwa media monopoli bahasa Arab dengan pendekata komunikatif cukup efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran bahasa Arab. %Z Dr. Agung Setiyawan, S.Pd.I., M.Pd.I.