%0 Thesis %9 Skripsi %A Laila Khoirunnisa, NIM.: 19104010089 %B FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN %D 2025 %F digilib:70506 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %K Taharah; kelas keputrian; hadas; bersuci %P 148 %T KORELASI ANTARA KEAKTIFAN MENGIKUTI KELAS KEPUTRIAN DENGAN PEMAHAMAN TENTANG TAHARAH SISWI MTS NEGERI 7 SLEMAN TAHUN AJARAN 2024/2025 %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/70506/ %X Latar belakang penelitian ini adalah pemahaman tentang ṭaharah. Ṭaharah merupakan aspek penting dalam kehidupan seorang Muslim, terutama siswi. Namun, kenyataannya, tidak semua siswi memahami materi yang telah diajarkan oleh guru di kelas sebelumnya. Kelas keputrian diadakan sebagai upaya mendidik dan membina siswi agar dapat mengembangkan dan memperluas pengetahuannya. Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) untuk mendeskripsikan keaktifan mengikuti kelas keputrian siswi MTs Negeri 7 Sleman Tahun Ajaran 2024/2025. (2) untuk mendeskripsikan pemahaman tentang ṭaharah siswi MTs Negeri 7 Sleman Tahun Ajaran 2024/2025. (3) untuk menguji secara empiris korelasi antara keaktifan mengikuti kelas keputrian dengan pemahaman tentang ṭaharah siswi MTs Negeri 7 Sleman Tahun Ajaran 2024/2025. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif korelasional. Penelitian dilakukan di MTs Negeri 7 Sleman. Populasi dalam penelitian terdiri dari 225 siswi. Pengambilan sampel penelitian dilakukan dengan teknik convenience sampling. Jumlah sampel ditentukan dengan tingkat presisi 5% yaitu sebanyak 144 siswi. Instrumen yang digunakan adalah skala keaktifan mengikuti kelas keputrian dan tes pemahaman tentang ṭaharah. Teknik analisis data yang digunakan adalah menggunakan uji korelasi spearman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) keaktifan mengikuti kelas keputrian siswi MTs Negeri 7 Sleman termasuk dalam kategori tinggi (mean empirik = 42,24 standar deviasi = 3,62 dan N = 144). (2) pemahaman tentang ṭaharah siswi MTs Negeri 7 Sleman termasuk dalam kategori tinggi (mean empirik = 7,58 standar deviasi = 1,75 dan N = 144) (3) ada hubungan positif yang signifikan antara keaktifan mengikuti kelas keputrian dengan pemahaman tentang ṭaharah siswi MTs Negeri 7 Sleman ( = 0,543, p = 0,000 < 0,05). Oleh karena itu, semakin tinggi keaktifan mengikuti kelas keputrian yang dimiliki siswi maka semakin tinggi juga pemahaman tentang ṭaharah pada siswi. %Z Sri Purnami, S.Psi., M.A.