%0 Thesis %9 Masters %A Indrawati, NIM.: 22204032012 %B FAKULTAS TARBIYAH DAN ILMU PENDIDIKAN %D 2024 %F digilib:70515 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %K multimedia interaktif; storytelling; Bahasa Inggris %P 221 %T PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF MODIS UNTUK MEMFASILITASI PENGENALAN BAHASA INGGRIS PADA ANAK USIA DINI %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/70515/ %X Pengenalan bahasa Inggris pada anak usia dini merupakan langkah strategis untuk mempersiapkan generasi yang mampu bersaing di era global. Namun, pendekatan konvensional dalam pembelajaran sering kali kurang efektif karena terbatasnya media yang menarik dan interaktif bagi anak-anak. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan Multimedia Interaktif MODIS (Multimedia of Digital Interactive Storytelling) yang memenuhi kriteria kelayakan, kepraktisan dan efektivitas untuk memfasilitasi pengenalan bahasa Inggris pada anak usia dini. Penelitian ini dilakukan dengan metode Research and Development (R&D) melalui model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Penelitian ini melibatkan dua validator yaitu ahli media dan ahli materi, guru dan anak didik sebagai subjek penelitian pada skala kecil sebanyak 8 anak dan pada skala besar sebanyak 20 anak. Tahap analisis dilakukan untuk mengidentifikasi kebutuhan pembelajaran. Tahap desain dilakukan untuk merancang multimedia yang sesuai hasil analisis. Sedangkan tahap pengembangan mencakup proses pembuatan prototipe MODIS hingga uji kelayakan media dan materi. Tahap implementasi dan evaluasi dilakukan melalui uji coba kepraktisan dan efektivitas multimdia interaktif MODIS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Multimedia interaktif MODIS memiliki validitas kelayakan dengan kriteria ‘sangat valid’. Skor validasi media sebesar 92% dan validasi materi sebesar 96%. 2) Uji kepraktisan memperoleh skor rata-rata 98% dengan kategori ‘sangat praktis’. 3) Uji efektivitas menunjukkan peningkatan kemampuan bahasa Inggris anak dengan nilai N-Gain pada uji skala kecil sebesar 0,7 (kategori sedang) dan uji skala besar sebesar 0,72 (kategori tinggi). Implikasi dari penelitian ini adalah bahwa multimedia interaktif MODIS dapat menjadi media pembelajaran yang efektif untuk meningkatkan perkembangan bahasa Inggris awal anak usia dini. Penelitian ini juga memberikan kontribusi bagi guru dan orang tua dalam memanfaatkan teknologi sebagai alat bantu pembelajaran yang interaktif dan menyenangkan. %Z Prof. Dr. Sigit Purnama, M.Pd.