relation: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/70529/
title: WEBSITE LANDING PAGE (GOOGLE SITE): DESAIN PENGEMBANGAN DAN PENGARUHNYA TERHADAP MOTIVASI BELAJAR PAI PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 4 BANGUNTAPAN
creator: Sinta Nurrahma Safitri, NIM.: 20104010037
subject: 371.36 Metode Pengajaran, Metode Pembelajaran
description: Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kesadaran peneliti terhadap mata pelajaran PAI yang terkesan kurang menarik minat peserta didik karena penyampaian materinya yang kurang variatif, terlebih dalam penggunaan media belajarnya. Hal ini dapat berdampak terhadap motivasi belajar peserta didik. Pemanfaatan teknologi sebagai media belajar di SMP Negeri 4 Banguntapan masih sebatas menggunakan PPT saja. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran website landing page (Google Site).  Penentuan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling dengan kriteria peserta didik kelas VII dengan motivasi belajar yang rendah. Pada rumusan masalah yang pertama menggunakan pendekatan R&D dengan desain pengembangan 4-D, yakni define, design, development, dan dissemination. Sedangkan untuk rumusan masalah yang kedua menggunakan pendekatan kuasi eksperimen dengan desain penelitian untreated control group desain with dependent pretest and postets samples dan pendekatan kualitatif deskriptif. Metode pengumpulan data yang digunakan ialah observasi, wawancara, angket, dan dokumentasi. Teknik analisis data terkait media menggunakan uji skala Likert dan skala Guttman, lalu data terkait motivasi dengan uji Paired Sample T-Test dan Independent Sample T-Test, sedangkan data wawancara terkait motivasi dan media dengan teknik penggumpulan data, reduksi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan.  Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Kualitas media website landing page (Google Site) oleh penilaian ahli media mencapai 79% dengan kategori layak, 87% penilaian ahli materi dengan kategori sangat layak, 90% respon guru PAI dengan kategori sangat baik, serta 97% respon peserta didik kelas VII C SMPN 4 Banguntapan dengan kategori positif. 2) Nilai sig. data posttest kelas kontrol-eksperimen sebesar 0.552 (t = -0.603, df = 23), artinya nilai sig>0.05. Dengan demikian, hipotesis ditolak. (3) Media website landing page (Google Site) berpengaruh dalam meningkatkan motivasi belajar kelas ekperimen karena media diakses dengan handphone, materi disajikan lebih ringkas dan mudah dipahami, serta dilengkapi games sebagai bahan evaluasi di akhir pembelajaran.
date: 2024-12-17
type: Thesis
type: NonPeerReviewed
format: text
language: id
identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/70529/1/20104010037_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf
format: text
language: id
identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/70529/2/20104010037_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
identifier:   Sinta Nurrahma Safitri, NIM.: 20104010037  (2024) WEBSITE LANDING PAGE (GOOGLE SITE): DESAIN PENGEMBANGAN DAN PENGARUHNYA TERHADAP MOTIVASI BELAJAR PAI PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 4 BANGUNTAPAN.  Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.