TY - THES N1 - Dr. Agung Setiyawan, S.Pd.I., M.Pd.I. ID - digilib70531 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/70531/ A1 - Afifah Hidayati, NIM.: 19104020027 Y1 - 2025/01/08/ N2 - Buku teks berperan penting dalam sebuah pembelajaran, yakni sebagai sumber pembelajaran utama dan sebagai media pembelajaran. Kitab An-Na?wu At-Ta?b?q? karya Kh?lid ?Abd al-?Az?z adalah salah satu di antara kitab na?wu kontemporer yang tersebar di banyak negara. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan materi kitab An-Na?wu At-Ta?b?q? karya Kh?lid ?Abd al-?Az?z ditinjau dari aspek seleksi, gradasi, presentasi, dan repetisi menurut teori William Francis Mackey. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian library research. Sumber data primer untuk objek material adalah kitab An-Na?wu At-Ta?b?q? karya Kh?lid ?Abd al-?Az?z, sedangkan untuk objek formal adalah buku Language Teaching Analysis karya William F. Mackey. Data dikumpulkan dengan teknik dokumentasi dan dianalisis menggunakan teknik content analysis, dengan langkah-langkah: (1) pengadaan data; (2) pencatatan data; (3) reduksi data; (4) penarikan kesimpulan; dan (5) pendeskripsian data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) dari aspek seleksi, kosakata dalam kitab An-Na?wu At-Ta?b?q? sudah memenuhi kriteria-kriteria yang menjadi dasar dalam menyeleksi, yaitu: frequency, range, availability, coverage, dan learnability; (2) dari aspek gradasi, materi-materi dalam kitab An-Na?wu At-Ta?b?q? telah dikelompokkan sesuai prinsip-prinsip keseragaman, kekontrasan, dan keparalelan, serta telah diurutkan secara sistematis sesuai psikologi belajar. Kitab ini secara umum menggunakan gradasi lurus, meskipun terdapat beberapa sub bab yang menggunakan gradasi putar; (3) dari aspek presentasi, kitab An-Na?wu At-Ta?b?q? menggunakan prosedur piktoral dan prosedur kontekstual, sedangkan prosedur diferensial dan prosedur ostensif tidak digunakan. Prosedur piktoral mencakup bagan dan tabel, sementara prosedur kontekstual meliputi definisi, enumerasi, substitusi, dan konteks ganda; (4) dari aspek repetisi, kitab An-Na?wu At-Ta?b?q? memiliki penajaman materi dalam setiap tema atau bab pembahasan, yang berupa pemberian contoh dan praktik-praktik (ta?b?q?t). Selain itu terdapat penambahan i?r?b yang menjelaskan secara detail kedudukan kata dalam contoh dan soal ta?b?q?t yang diberikan. PB - UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA KW - Buku Teks; Teori William Francis Mackey; PROSEDUR MENGAJAR M1 - skripsi TI - ANALISIS KITAB AN-NAHWU AT-TATBIQI KARYA KHALID ?ABD AL-?AZIZ (Ditinjau dari Seleksi, Gradasi, Presentasi, dan Repetisi) AV - restricted EP - 137 ER -