eprintid: 70531 rev_number: 10 eprint_status: archive userid: 12243 dir: disk0/00/07/05/31 datestamp: 2025-03-18 02:33:00 lastmod: 2025-03-18 02:33:00 status_changed: 2025-03-18 02:33:00 type: thesis metadata_visibility: show contact_email: muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id creators_name: Afifah Hidayati, NIM.: 19104020027 title: ANALISIS KITAB AN-NAHWU AT-TATBIQI KARYA KHALID ‘ABD AL-‘AZIZ (Ditinjau dari Seleksi, Gradasi, Presentasi, dan Repetisi) ispublished: pub subjects: 492.7076 divisions: jur_pba full_text_status: restricted keywords: Buku Teks; Teori William Francis Mackey; PROSEDUR MENGAJAR note: Dr. Agung Setiyawan, S.Pd.I., M.Pd.I. abstract: Buku teks berperan penting dalam sebuah pembelajaran, yakni sebagai sumber pembelajaran utama dan sebagai media pembelajaran. Kitab An-Naḥwu At-Taṭbīqī karya Khālid ‘Abd al-‘Azīz adalah salah satu di antara kitab naḥwu kontemporer yang tersebar di banyak negara. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan materi kitab An-Naḥwu At-Taṭbīqī karya Khālid ‘Abd al-‘Azīz ditinjau dari aspek seleksi, gradasi, presentasi, dan repetisi menurut teori William Francis Mackey. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian library research. Sumber data primer untuk objek material adalah kitab An-Naḥwu At-Taṭbīqī karya Khālid ‘Abd al-‘Azīz, sedangkan untuk objek formal adalah buku Language Teaching Analysis karya William F. Mackey. Data dikumpulkan dengan teknik dokumentasi dan dianalisis menggunakan teknik content analysis, dengan langkah-langkah: (1) pengadaan data; (2) pencatatan data; (3) reduksi data; (4) penarikan kesimpulan; dan (5) pendeskripsian data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) dari aspek seleksi, kosakata dalam kitab An-Naḥwu At-Taṭbīqī sudah memenuhi kriteria-kriteria yang menjadi dasar dalam menyeleksi, yaitu: frequency, range, availability, coverage, dan learnability; (2) dari aspek gradasi, materi-materi dalam kitab An-Naḥwu At-Taṭbīqī telah dikelompokkan sesuai prinsip-prinsip keseragaman, kekontrasan, dan keparalelan, serta telah diurutkan secara sistematis sesuai psikologi belajar. Kitab ini secara umum menggunakan gradasi lurus, meskipun terdapat beberapa sub bab yang menggunakan gradasi putar; (3) dari aspek presentasi, kitab An-Naḥwu At-Taṭbīqī menggunakan prosedur piktoral dan prosedur kontekstual, sedangkan prosedur diferensial dan prosedur ostensif tidak digunakan. Prosedur piktoral mencakup bagan dan tabel, sementara prosedur kontekstual meliputi definisi, enumerasi, substitusi, dan konteks ganda; (4) dari aspek repetisi, kitab An-Naḥwu At-Taṭbīqī memiliki penajaman materi dalam setiap tema atau bab pembahasan, yang berupa pemberian contoh dan praktik-praktik (taṭbīqāt). Selain itu terdapat penambahan i‘rāb yang menjelaskan secara detail kedudukan kata dalam contoh dan soal taṭbīqāt yang diberikan. date: 2025-01-08 date_type: published pages: 137 institution: UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA department: FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: Afifah Hidayati, NIM.: 19104020027 (2025) ANALISIS KITAB AN-NAHWU AT-TATBIQI KARYA KHALID ‘ABD AL-‘AZIZ (Ditinjau dari Seleksi, Gradasi, Presentasi, dan Repetisi). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/70531/1/19104020027_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/70531/2/19104020027_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf