eprintid: 70532 rev_number: 10 eprint_status: archive userid: 12243 dir: disk0/00/07/05/32 datestamp: 2025-03-18 03:03:44 lastmod: 2025-03-18 03:03:44 status_changed: 2025-03-18 03:03:44 type: thesis metadata_visibility: show contact_email: muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id creators_name: Nur Khofifah, NIM.: 18104020074 title: PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN MATERI QAWA’ID BERBASIS EDPUZZLE UNTUK SISWA KELAS VIII DI MTsN 5 SLEMAN TAHUN AJARAN 2024/2025 ispublished: pub subjects: 371.33 divisions: jur_pba full_text_status: restricted keywords: video pembelajaran; Materi Qowa’id; Edpuzzle note: Dr. Agung Setiyawan, M.Pd.I abstract: Kemajuan teknologi membuka peluang besar untuk meningkatkan kualitas pembelajaran, termasuk dalam pembelajaran bahasa Arab. Media pembelajaran berbasis teknologi yang menarik dan interaktif, terutama untuk materi qawā’id, masih terbatas. Penelitian ini bertujuan mengembangkan video pembelajaran materi qowā’id berbasis Edpuzzle guna memenuhi kebutuhan peserta didik. Selain itu, penelitian ini mengevaluasi kelayakan video melalui penilaian ahli media, ahli materi, dan guru serta menganalisis respon peserta didik. Penelitian ini menggunakan metode pengembangan dengan model 4D (Define, Design, Develop, Disseminate). Proses pengembangan meliputi identifikasi kebutuhan, perancangan media, pembuatan produk, dan penyebaran hasil. Data penelitian dikumpulkan melalui observasi, wawancara, kuesioner, dan dokumentasi menggunakan instrumen berupa lembar observasi, pedoman wawancara, lembar validasi produk, lembar penilaian produk, lembar respon peserta didik dan pedoman dokumentasi. Kualitas produk dinilai menggunakan skala likert dengan skala 4 dalam bentuk checklist, sedangkan respon peserta didik diukur menggunakan skala Guttman. Penilaian melibatkan satu ahli materi, satu ahli media, satu guru bahasa Arab, serta 32 peserta didik kelas VIII. Data dianalisis secara kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian ini berupa video pembelajaran berbasis Edpuzzle yang membahas materi qawāid tentang ‘amil nawashib pada bab ‘Iyadatul Marḍa. Penilaian ahli media menunjukkan presentase keidealan sebesar 97,7%, ahli materi 83,3%, dan guru bahasa Arab 98,6% dengan kategori sangat baik (SB). Respon peserta didik menunjukkan presentase keidealan sebesar 91,6% dengan kategori sangat baik (SB). Berdasarkan hal tersebut, video pembelajaran ini dinyatakan layak sebagai media pembelajaran interaktif untuk materi qawā’id pada peserta didik kelas VIII. date: 2024-12-27 date_type: published pages: 172 institution: UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA department: FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: Nur Khofifah, NIM.: 18104020074 (2024) PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN MATERI QAWA’ID BERBASIS EDPUZZLE UNTUK SISWA KELAS VIII DI MTsN 5 SLEMAN TAHUN AJARAN 2024/2025. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/70532/1/18104020074_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/70532/2/18104020074_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf