eprintid: 70566 rev_number: 10 eprint_status: archive userid: 12460 dir: disk0/00/07/05/66 datestamp: 2025-03-25 01:32:51 lastmod: 2025-03-25 01:32:51 status_changed: 2025-03-25 01:32:51 type: thesis metadata_visibility: show contact_email: muh.khabib@uin-suka.ac.id creators_name: Asri Utari, NIM.: 18102040060 title: MANAJEMEN PELAYANAN PRA KEBERANGKATAN HAJI KHUSUS DI PT. FRESHNEL KREASINDO PERKASA YOGYAKARTA TAHUN 2023 ispublished: pub subjects: 297.352 divisions: jur_md full_text_status: restricted keywords: Manajemen Pelayanan, Haji Khusus, Manajemeb Haji note: Dr. M. Rosyid Ridla, M.Si. abstract: Animo Masyarakat Indonesia untuk menunaikan ibadah haji sangat tinggi, sementara kuota haji yang diberikan oleh pemerintah Arab Saudi terbatas. Oleh karena itu, pemerintah Indonesia menyediakan haji khusus sebagai alternatif bagi mereka yang ingin menunaikan haji dengan waktu tunggu yang lebih singkat dibandingkan dengan haji reguler. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana bagaimana manajemen pelayanan pra keberangkatan haji khusus di PT. Freshnel Kreasindo Perkasa Yogyakarta tahun 2023. Penelitian ini termasuk dalam penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yakni wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis data interactive model menurut Miles dan Huberman. Sedangkan untuk menguji keabsahan data dengan menggunakan teknik triangulasi sumber, dan triangulasi teknik pengumpulan data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pelayanan yang dilakukan oleh karyawan atau pembimbing kepada calon Jemaah haji khusus PT. Freshnel Kreasindo Perkasa sudah cukup baik. Hal ini dapat dilihat dari dimensi pelaksanaan pelayanan haji khusus, dimana memiliki sarana dan pra sarana untuk menunjang program-program yang ada, mampu bertanggung jawab kepada Jemaah, mampu melayani dengan cepat dan tepat, dapat berkomunkasi dengan baik, memiliki pengetahuan dan kemampuan yang luas, berusaha memahami kebutuhan jemaah, serta mampu memberikan kepercayaan kepada calon jemaah haji khusus. Namun, ada beberapa hal yang perlu diperbaiki, seperti kurang jelasnya SOP, operasional haji dan umroh yang masih tercampur, serta kurangnya komunkasi antar bidang. date: 2025-02-19 date_type: published pages: 112 institution: UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA department: FAKULTAS DAKWAH DAN KOMUNIKASI thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: Asri Utari, NIM.: 18102040060 (2025) MANAJEMEN PELAYANAN PRA KEBERANGKATAN HAJI KHUSUS DI PT. FRESHNEL KREASINDO PERKASA YOGYAKARTA TAHUN 2023. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/70566/1/18102040060_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/70566/2/18102040060_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf