%0 Thesis %9 Skripsi %A An Nisaa Fitri Nugraheni, NIM.: 18104030010 %B FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN %D 2025 %F digilib:70627 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %K Pendidikan Moral, Nilai-Nilai Moderasi Beragama, Anak Usia Dini %P 131 %T PENANAMAN NILAI-NILAI MODERASI BERAGAMA PADA ANAK USIA DINI TK PEDAGOGIA YOGYAKARTA %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/70627/ %X Menanamkan nilai-nilai moderasi beragama pada anak usia dini bukanlah hal yang mudah, dengan ini perlu pembiasaan-pembiasaan dari orang tua dan guru dalam memberikan contoh dan pemahaman terhadap anak. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mendeskripsikan Apa Nilai-Nilai Moderasi Beragama Yang Dikembangkan Di TK Pedagogia Yogyakarta, (2) Mendeskripsikan Bagaimana Strategi Penanaman Nilai-Nilai Moderasi Beragama Di TK Pedagogia Yogyakarta, (3) Mendeskripsikan Apakah dampak Penanaman Nilai-Nilai Moderasi Beragama Di TK Pedagogia Yogyakarta. Metode Penelitian yang digunakaan dalam penelitian ini adalah metode Deskriptif Kualitatif. Penelitian ini dilakukan di bulan Januari sampai Februari 2024 yang bertempat di KB-TK Pedagogia Yogyakarta pada kelas B Yudistira . Subjek penelitian ini adalah guru kelas kepala sekolah dan 3 guru agama di TK pedagogia Yogyakarta. Sedangkan objek penelitian ini adalah penanaman nilai-nilai moderasi beragama pada anak usia dini TK Pedagogia Yogyakarta. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan reduksi data, penjajian data dan penarikan kesimpulan. Sedangkan uji keabsahan data yang digunakan adalah trianggulasi sumber. Hasil penelitian di lapangan menunjukkan bahwa (1) Menanamkan nilai-nilai moderasi pada anak usia dini di TK Pedagogia kelas B Yudistira dikembangkan melalui pendekatan komprehensif yang mengintegrasikan berbagai aspek pendidikan anak usia dini. Fokusnya adalah menciptakan lingkungan yang inklusif, saling menghormati, dan harmonis yang menumbuhkan pemahaman dan penerimaan di antara anak-anak dari berbagai latar belakang agama. (2) Strategi menanamkan nilai-nilai moderasi beragama pada anak usia dini TK Pedagogia Yogyakarta. Pertama menggunakan kurikulum inklusif. Yang kedua kegiatan interaktif. Yang ketiga Perayaan budaya seperti merayakan berbagai festival baik agama dan budaya. Dan yang ke empat diskusi atau dialog menfasilitasi untuk berdiskusi. Dan yang kelima yaitu proyek kolaboratif. (3) Dampak penanaman nilai-nilai moderasi beragama di TK Pedagogia sangat signifikan. Yang pertama pembentukan karakter moral anak, anak diajarkan untuk menghargai perbedaan agama, memiliki rasa empati, kejujuran, dan keadilan. Yang kedua sikap toleransi yang tinggi terhadap keberagaman. Ketiga penguatan identitas agama yang moderat. Keempat meningkatkan sosial anak, kelima menciptakan lingkungan sekolah yang harmonis dan inklusif. Menerapkan moderasi beragama sejak dini akan menjadi bekal untuk anak dikemudian hari. %Z Prof. Dr. Sigit Purnama, S.Pd.I., M.Pd