TY - THES N1 - Dr. Dailatus Syamsiyah, S.Ag., M.Ag. ID - digilib70629 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/70629/ A1 - Ana Mutiara Sani, NIM.: 19104020078 Y1 - 2025/03/05/ N2 - Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan menjelaskan bagaimana sistem dan proses pembelajaran Ilmu Bal?ghah berlangsung, dan problematika apa saja yang dihadapi siswa dalam pembelajaran Ilmu Bal?ghah, serta upaya apa saja untuk mengatasi probelamatika dalam pembelajaran Ilmu Bal?ghah di Kelas XI Madrasah ?liyah Al-Mu?minien. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitiannya berupa penelitian lapangan, atau yang sering dikenal sebagai ?Field Research?. Subjek pada penelitian ini yaitu siswa kelas XI Madrasah ?liyah Al- Mu?minien, guru pelajaran Ilmu Bal?ghah, serta kepala Madrasah. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini adalah : 1) Sistem pembelajaran Ilmu Bal?ghah di kelas XI MA Al-Mu?minien terdapat unsur atau komponen yang saling berkaitan diantarnya kurikulum, siswa-siswi, guru, metode, media, materi, evaluasi, sarana prasarana. 2) Proses pembelajaran Ilmu Bal?ghah di kelas XI MA Al-Mu?minien menggunakan metode ceramah dan tanya jawab, diawali dengan persiapan pembelajaran seperti membaca doa, kemudian proses pembelajaran seperti kegiatan awal guru mengucapkan salam dan mengabsen, kemudian lanjut pada kegiatan inti proses pembelajaran Ilmu Bal?ghah yang membahas tentang Ilmu Bay?n yaitu pada bagian Maj?z Mursal, kemudian kegiatan penutup guru menyimpulkan materi yang telah dipelajari, kemudian diakhiri dengan membaca Kaff?rotul majlis. 3) Problematika yang terdapat di kelas XI MA Al-Mu?minien ditinjau dari proses pembelajaran Ilmu Bal?ghah yang membahas Ilmu Bay?n terkait Maj?z Mursal, yaitu terdapat problem linguistik (kebahasaan) seperti kurangnya penguasaan kosakata dan sinonimnya, kurangnya pemahaman tata bahasa. Dan problem non linguistik (Non Kebahasaan) seperti latar bekalang pendidikan, Faktor fisiologis (kondisi jasmani dan kesehatan), kurangnya motivasi belajar, metode pembelajaran kurang tepat, faktor lingkungan fisik, faktor kedisiplinan, alokasi waktu, dan fasilitas. 4) Upaya untuk mengatasi problematika pembelajaran yang ditinjau dari proses pembelajaran Ilmu Bal?ghah yang membahas Ilmu Bay?n terkait Maj?z Mursal, yaitu memberikan kosakata baru dan sinonimnya, penambahan bimbingan dan latihan, penguatan motivasi, perubahan metode dan strategi pembelajaran, disiplin waktu, penambahan jam khusus, mereduksi kebisingan, penambahan fasilitas. PB - UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA KW - Problematika Pembelajaran KW - Ilmu Balaghah KW - Pembelajaran Bahasa Arab M1 - skripsi TI - PROBLEMATIKA PEMBELAJARAN ILMU BALAGHAH DI KELAS XI MADRASAH ALIYAH PONDOK PESANTREN MODERN ALMU?MINIEN LOHBENER INDRAMAYU TAHUN AJARAN 2024/2025 AV - restricted EP - 212 ER -