%0 Thesis %9 Skripsi %A Muhammad Ferdinan Kamal, NIM.: 20104010096 %B FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN %D 2025 %F digilib:70631 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %K Habituasi, Pendidikan Agama Islam, Aqidah Akhlak %P 168 %T PENGUATAN PEMBENTUKAN AQIDAH DAN AKHLAK SISWA MELALUI METODE HABITUASI DI MADRASAH IBTIDAIYAH AL-KHOIRIYAH MELIKAN WONOLELO PLERET BANTUL %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/70631/ %X Tujuan utama Pendidikan Agama Islam adalah membentuk aqidah dan akhlak yang kuat. Namun terdapat tantangan pada era modern seperti kemajuan teknologi dan media sosial yang mengakibatkan penurunan aqidah dan akhlak generasi muda. Indikasi penurunan tersebut ditandai dengan meningkatnya kejahatan dan kekerasan (bullying). Metode habituasi, melalui pengulangan perilaku positif, efektif untuk menguatkan aqidah dan akhlak. Maka dari itu, penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pelaksanaan metode habituasi serta faktor-faktor yang mendukung dan menghambatnya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang mengambil latar di Madrasah Ibtidaiyah Al-Khoiriyah Melikan Wonolelo Pleret Bantul. Subjek dalam penelitian ini terdiri atas kepala sekolah, guru koordinator keagamaan, Guru Pendidikan Agama Islam (PAI), guru wali kelas, dan guru tahfidz dan siswa. Pengumpulan data yang dilakukan adalah dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Teknik analisis data dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan : (1) Pelaksanaan metode habituasi di Madrasah Ibtidaiyah Al-Khoiriyah Melikan menunjukkan bahwa kegiatan habituasi yang terstruktur dan rutin telah efektif dalam memperkuat aqidah dan akhlak siswa. Melalui kegiatan seperti pembacaan asmaul husna, infaq jumat, hafalan surat-surat pendek, membaca shalawat, membaca doa sehari-hari, serta penerapan 5S dan sosial kemasyarakatan dalam interaksi sosial, siswa memperoleh nilai-nilai aqidah dan akhlak yang mulia. Hasilnya, metode habituasi ini telah membentuk kepribadian yang disiplin, bertanggung jawab, penuh rasa hormat, serta keyakinan yang kuat pada diri siswa. (2) Faktor pendukung pelaksanaan metode habituasi di Madrasah Ibtidaiyah Al-Khoiriyah Melikan seperti, komitmen tinggi dari sekolah, kerjasama antara sekolah dan orang tua, sarana prasarana yang memadai, serta kompetensi guru, sangat berperan dalam keberlangsungan kegiatan habituasi. Namun, terdapat juga faktor penghambat, termasuk keterbatasan waktu untuk melaksanakan kegiatan, keberagaman kemampuan siswa, dan kurangnya guru pendamping yang kompeten. %Z Drs. Mujahid, M.Ag