eprintid: 70638 rev_number: 10 eprint_status: archive userid: 12460 dir: disk0/00/07/06/38 datestamp: 2025-03-27 03:49:21 lastmod: 2025-03-27 03:49:21 status_changed: 2025-03-27 03:49:21 type: thesis metadata_visibility: show contact_email: muh.khabib@uin-suka.ac.id creators_name: Ummu Salamah S. Wutun, NIM.: 21104010068 title: ANALISIS INTEGRASI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN ILMU PENGETAHUAN UMUM DALAM KURIKULUM MADRASAH DI MA MADANIA BANTUL TAHUN 2024 ispublished: pub subjects: 375.006 divisions: jur_pai full_text_status: restricted keywords: Pendidikan Terintegrasi, Pendidikan Agama Islam, Ilmu Pengetahuan Umum, Kurikulum Madrasah note: Dr. H. Rofik, M.Ag. abstract: Pendidikan memiliki peran penting dalam meningkatkan daya saing bangsa, namun di Indonesia masih terdapat dikotomi antara ilmu agama dan ilmu umum. Madrasah sebagai lembaga pendidikan Islam berpotensi mengintegrasikan kedua aspek tersebut, tetapi masih menghadapi berbagai tantangan dalam implementasinya. MA Madania Bantul menjadi contoh madrasah yang menerapkan konsep pendidikan integrati melalui program unggulan dan Kurikulum Merdeka. Namun, tantangan dalam menjaga keseimbangan antara ilmu agama dan ilmu umum tetap ada, terutama dalam perancangan kurikulum yang mempertahankan nilai-nilai keislaman tanpa mengabaikan ilmu umum. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana integrasi Pendidikan Agama Islam dan Ilmu Pengetahuan Umum yang diimplementasikan dalam kurikulum Madrasah di MA Madania Bantul. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif dengan pendekatan filosofis untuk menganalisis integrasi Pendidikan Agama Islam dan Ilmu Pengetahuan Umum dalam kurikulum madrasah. Lokasi penelitian di MA Madania Bantul, dengan subjek penelitian meliputi kepala madrasah, wakil kepala madrasah bagian kurikulum, guru Pendidikan Agama Islam, guru mata pelajaran umum, serta peserta didik. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi non-partisipatif, wawancara semi-terstruktur, dan dokumentasi. Keabsahan data diperiksa dengan teknik triangulasi metode dan sumber. Data dianalisis menggunakan model Miles dan Huberman yang mencakup reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan untuk memperoleh pemahaman mendalam tentang implementasi integrasi kurikulum di madrasah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1. Konsep integrasi Pendidikan Agama Islam dan Ilmu Pengetahuan Umum di MA Madania Bantul diwujudkan melalui visi dan misi madrasah, peran program ekstrakurikuler dan kebijakan madrasah dalam mendukung integrasi; 2. Implementasi integrasi dilakukan melalui penyisipan nilai-nilai keislaman dalam pembelajaran mata pelajaran umum, proyek-proyek kolaboratif, kurikulum yang terintegrasi, dan pembiasaan kegiatan keagamaan; 3. Terdapat tantangan dalam implementasi integrasi, antara lain perbedaan pemahaman guru, perbedaan kemampuan siswa, dan pengaruh lingkungan eksternal. date: 2025-02-21 date_type: published pages: 214 institution: UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA department: FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: Ummu Salamah S. Wutun, NIM.: 21104010068 (2025) ANALISIS INTEGRASI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN ILMU PENGETAHUAN UMUM DALAM KURIKULUM MADRASAH DI MA MADANIA BANTUL TAHUN 2024. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/70638/1/21104010068_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/70638/2/21104010068_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf