%0 Thesis %9 Skripsi %A Naufal Bani Fauzan, NIM.: 21104010074 %B FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN %D 2025 %F digilib:70639 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %K Pengajian Kelas, Pendidikan Agama Islam, Peserta Didik, Akhlak %P 178 %T PENINGKATAN AKHLAK PESERTA DIDIK KELAS X MELALUI PENGAJIAN KELAS DI SEKOLAH MENENGAH ATAS KOLOMBO SLEMAN TAHUN AJARAN 2024/2025 %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/70639/ %X Latar belakang penelitian ini didasari oleh fenomena menurunnya akhlak di kalangan peserta didik yang terlihat dari berbagai pelanggaran tata tertib, dan akhlak peserta didik di lingkungan sekolah. Penelitian untuk mengeksplorasi peran kegiatan pengajian kelas dalam meningkatkan akhlak peserta didik, khususnya di kalangan peserta didik kelas X SMA Kolombo Sleman Tahun Ajaran 2024/2025. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan metode Kualitatif secara deskriptif untuk menggambarkan pelaksanaan kegiatan pengajian kelas, dampaknya terhadap perilaku peserta didik, serta faktor pendukung dan penghambat pelaksanaan pengajian kelas. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara mendalam, observasi non partisipatif, dan dokumentasi. Untuk memastikan keabsahan data, penelitian ini menggunakan metode triangulasi sumber dengan memadukan berbagai sumber data, seperti wawancara, observasi, dan dokumentasi, serta melibatkan beragam perspektif informan guna meminimalisir bias dan meningkatkan validitas temuan. Analisis data dilakukan menggunakan tiga langkah utama, yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kegiatan pengajian kelas yang dilaksanakan sebulan sekali di rumah peserta didik secara bergilir tidak hanya memberikan pemahaman agama yang lebih mendalam, tetapi juga berkontribusi signifikan terhadap akhlak peserta didik. Peserta didik melaporkan adanya perubahan positif dalam sikap dan perilaku mereka setelah mengikuti kegiatan ini, seperti sopan santun, tanggung jawab, menambah ilmu agama, perubahan positif peserta didik. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan rekomendasi bagi pengembangan program pendidikan akhlak di sekolah, serta menjadi referensi bagi pendidik dan orang tua dalam upaya membentuk karakter peserta didik yang lebih baik. Dengan demikian, pengajian kelas dapat menjadi salah satu solusi efektif dalam menghadapi tantangan moral dan etika di era globalisasi saat ini. %Z Drs. H. Radino, M.Ag.