%0 Thesis %9 Masters %A Reni Wulandari, NIM.. 22200012095 %B PASCASARJANA %D 2025 %F digilib:70644 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %K tingkah laku; bimbingan konseling kelompok; kesulitan belajar %P 120 %T PERAN BIMBINGAN KONSELING KELOMPOK DALAM MENGATASI KESULITAN BELAJAR SANTRI BARU %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/70644/ %X Kesulitan belajar sering kali dialami oleh siswa, apalagi siswa baru. Jika Kondisi tersebut tidak diperhatikan maka dapat membuat siswa tidak mampu mencapai hasil belajar yang maksimal. Sehingga dibutuhkan adanya suatu upaya guru BK dalam mengatasi kesulitan-kesulitan belajar siswa melalui bimbingan konseling kelompok. Penelitian berfokus dalam mengetahui bentuk-bentuk kesulitan belajar yang dialami oleh para siswa khususnya santri baru. Kemudian berfokus pula pada pelaksanaan bimbingan konseling kelompok dan peran bimbingan konseling kelompok bagi siswa dalam mengatasi kesulitan-kesulitan belajar yang dialami. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan jenis studi kasus. Penelitian ini terjadi di MA PSA Istiqomah Islamiyah. Terdapat tiga teknik pengumpulan data yakni wawancara, observasi dan dokumentasi. Selanjutnya data yang telah dikumpulkan akan dilakukan analisis data melalui reduction dan penarikan kesimpulan. Validasi temuan dilakukan dengan triangulasi dan member checking. Hasil penelitian ini adalah kesulitan belajar yang dialami oleh siswa beraneka ragam diantaranya kesulitan materi, beradaptasi, manajemen waktu, kesulitan sosial, kesulitan emosional, kesulitan berbahasa dan kesulitan teknis. Adapun pelaksanaan dilakukan dengan tiga tahapan yakni pembentukan, diskusi dan dinamika kelompok, dan penyelesaian masalah. Dalam pelaksanaannya juga dibutuhkan strategi guru BK seperti perlu menggunakan pendekatan humanistik, penguatan positif, pemecahan masalah, proedukatif, dan teknik relaksasi dan pengelolaan stres. Dalam pelaksanaannya bimbingan konseling kelompok memiliki peran yang cukup banyak seperti membantu mengatasi kesulitan memahami materi, meingkatkan hasil belajar, perubahan sikap yakni timbul sikap pantang menyerah dan percaya diri, perubahan positif saat di kelas, dan meningkatkan peningkatan emosionalnya. %Z Pembimbing: Dr.Raden Rachmy Diana, S.Psi., MA., Psi