@phdthesis{digilib70650, month = {December}, title = {HUBUNGAN PERBANDINGAN SOSIAL KE ATAS DENGAN HARGA DIRI DEWASA AWAL PENGGUNA INSTAGRAM}, school = {UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA}, author = {NIM.: 19107010136 Zidny Azkiya Noor Salsabila}, year = {2024}, note = {Sabiqotul Husna, S.Psi., M.Sc.}, keywords = {early adults; instagram users; self-esteem; upward social comparison}, url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/70650/}, abstract = {Pengguna Instagram sering kerap memiliki permasalahan terkait harga diri. Salah satu faktor yang dapat mempengaruhi harga diri pengguna Instagram yaitu perbandingan sosial ke atas. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui hubungan antara perbandingan sosial ke atas dan harga diri pada pengguna Instagram dewasa awal. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif korelasional dengan jumlah 184 responden yang terdiri dari 30 laki-laki dan 154 perempuan usia dewasa awal. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik non probability yaitu convenience sampling. Pengumpulan data menggunakan dua skala, yaitu adopsi skala Rosenberg Self Esteem Scale (RSES) oleh Rosenberg (1979) (Ciarrochi \& Bilich, 2006) dan adopsi skala Skala Orientasi Perbandingan Sosial (the lowa-Netherlands Comparison Orientation Measure, INCOM) oleh Gibbons \& Buunk (1999) (dalam Schneider \& Schupp, 2014). Data penelitian dianalisis menggunakan uji korelasi pearson product moment. Hasil penelitian menunjukkan terdapat hubungan negatif yang signifikan antara perbandingan sosial ke atas dengan harga diri pengguna Instagram pada dewasa muda pengguna Instagram. Selain itu sumbangan efektif perbandingan sosial ke atas terhadap harga diri sebesar 10,6\%. Terdapat perbedaan tingkat perbandingan sosial ke atas berdasar jenis kelamin dengan perempuan melakukan perbandingan sosial lebih tinggi. Hasil penelitian ini memberikan implikasi teoritis bahwa harga diri pengguna Instagram sebagian ditentukan oleh seberapa jauh perbandingan sosial ke atas dilakukan.} }