relation: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/70662/ title: STRATEGI KONTEN KREATOR TIKTOK DALAM MELESTARIKAN BUDAYA JAWA PADA KALANGAN GENERASI Z DI YOGYAKARTA creator: Elga Pingka Anjani, NIM.: 21107020067 subject: 302.231 Media Komunikasi, Media Massa, Media Sosial subject: 306.409 598 2 Budaya dan kebudayaan - Jawa description: Generasi muda di era digital ini mengalami krisis minat terhadap Budaya Jawa, tercermin dari kurangnya apresiasi dan partisipasi dalam kegiatan budaya tradisional seperti wayang kulit, batik, dan upacara adat termasuk pada menurunnya penggunaan Bahasa Jawa. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis alasan konten kreator memilih Budaya Jawa sebagai tema dalam konten yang diunggah di media sosial TikTok, strategi konten kreator dalam menentukan isi konten pelestarian Budaya Jawa yang menyasar kalangan Generasi Z di media sosial TikTok, mengetahui tantangan dan hambatan konten kreator dalam membuat konten pelestarian Budaya Jawa di media sosial TikTok serta mengetahui respon konten kreator TikTok terhadap konten yang telah dibuat. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori stimulus, organisme dan respon (S-O-R). Teori S-O-R merupakan suatu prinsip belajar yang mana efek merupakan reaksi terhadap stimulus yang diberikan. Hasil dari penelitian ini menyatakan bahwa alasan konten kreator memilih Budaya Jawa sebagai tema dalam konten TikTok yaitu sebagai bentuk pelestarian Budaya Jawa di era digital, edukasi dan kesadaran budaya pada kalangan generasi muda serta inspirasi dari lingkungan sekitar. Strategi yang dilakukan oleh konten kreator yaitu mengikuti perkembangan konten yang sedang trending, relevan dengan situasi yang terjadi, kegiatan budaya yang sedang dilaksanakan, mengingat memori masa kecil, memilih topik budaya yang menarik perhatian dan memilih bahasa yang mudah dipahami. Tantangan dan hambatan yang dihadapi konten kreator yaitu pencarian literatur yang kredibel, tanggapan negatif audiens terhadap konten yang disajikan, bersaing dengan konten tidak mendidik, peraturan komunitas tiktok yang cukup ketat dan juga hambatan internal konten kreator. Konten kreator TikTok dapat memahami bagaimana respon audiens terhadap konten yang telah dibuatnya melalui kolom komentar. Konten kreator TikTok dapat melakukan komunikasi dua arah dengan cara merespon komentar yang diberikan oleh audiens. date: 2025-02-20 type: Thesis type: NonPeerReviewed format: text language: id identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/70662/1/21107020067_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf format: text language: id identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/70662/2/21107020067_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf identifier: Elga Pingka Anjani, NIM.: 21107020067 (2025) STRATEGI KONTEN KREATOR TIKTOK DALAM MELESTARIKAN BUDAYA JAWA PADA KALANGAN GENERASI Z DI YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.