<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "IMPLEMENTASI MODEL PJBL DALAM MENGANALISIS KETERAMPILAN PROSES SAINS DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA SMA/MA MELALUI PEMBUATAN STRIP INDIKATOR ALAMI ASAM-BASA"^^ . "Keterbatasan pelaksanaan PjBL menghambat perkembangan keterampilan proses sains dan\r\nmotivasi belajar siswa. Penelitian ini bertujuan mengkaji efektivitas penerapan model Project\r\nBased Learning (PjBL) pada materi indikator asam-basa melalui analisis keterampilan proses sains\r\ndan motivasi belajar siswa. Penelitian ini menggunakan metode PAR dalam Pendidikan Kimia\r\ndengan mengadopsi tahapan yang dikembangkan oleh Eilks & Ralle (2002). Analisis pendekatan\r\nPAR dilakukan dengan meninjau keterlaksanaan penerapan model PjBL dan hasil penerapannya.\r\nPenelitian ini terdiri dari dua tahap, yaitu pra-siklus dan siklus 1. Tahap pra-siklus dilaksanakan\r\npada mahasiswa Semester 1 Pendidikan Biologi UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta yang mengikuti\r\nkelas Kimia Dasar untuk mengujicobakan praktikum pembuatan strip indikator alami asam-basa.\r\nSelanjutnya, siklus 1 diterapkan pada siswa kelas XI MIA 3 MAN Temanggung dan XI 6 SMAN\r\n1 Temanggung dengan menggunakan modul ajar PjBL. Instrumen penelitian yang digunakan\r\nadalah lembar angket motivasi belajar dan keterampilan proses sains siswa, rubrik penilaian\r\npresentasi, dan soal post-test. Teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara tidak\r\nterstruktur, dokumentasi, dan tes sebagai data pendukung. Analisis data dilakukan melalui\r\ntriangulasi, yang terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Analisis data\r\nangket menggunakan statistik deskriptif kualitatif yang diolah secara manual melalui Microsoft\r\nExcel untuk memperoleh gambaran mengenai motivasi belajar dan keterampilan proses sains\r\nsiswa. sementara itu, analisis data tes menggunakan rumus ketuntasan belajar klasikal, dengan\r\nstandar minimal ketuntasan 85%. Hasil wawancara dan dokumentasi dikategorikan sesuai tujuan\r\npenelitian, kemudian dideskripsikan secara sistematis.\r\nHasil penelitian menunjukkan bahwa PjBL berdampak positif terhadap motivasi belajar\r\ndan keterampilan proses sains (KPS) siswa. KPS di kedua sekolah tergolong baik, namun terdapat\r\nperbedaan siginifikan dalam tingkat ketuntasan belajar, yaitu 94,3% di SMAN 1 Temanggung dan\r\n61,2% di MAN Temanggung. Motivasi belajar siswa di kedua sekolah tergolong tinggi, tetapi\r\nminat belajar siswa di SMAN 1 Temanggung hanya berada pada kategori cukup. Beberapa kendala\r\ndalam implementasinya, seperti keterbatasan waktu, aksesibilitas, serta kurangnya keterampilan\r\nmengajar. Perbaikannya, antara lain penyesuaian modul ajar dengan menambah waktu pertemuan agar\r\nproyek berjalan lebih optimal, pemberian arahan terkait pembagian tugas dalam kelompok, pelaksanaan\r\nproyek di laboratorium sekolah untuk mempermudah pengerjaan, serta peningkatan kejelasan suara oleh\r\npeneliti."^^ . "2025-02-18" . . . . "UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA"^^ . . . "FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA"^^ . . . . . . . . . "NIM.: 21104060034"^^ . "Chofifah Puji Pristiana"^^ . "NIM.: 21104060034 Chofifah Puji Pristiana"^^ . . . . . . "IMPLEMENTASI MODEL PJBL DALAM MENGANALISIS KETERAMPILAN PROSES SAINS DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA SMA/MA MELALUI PEMBUATAN STRIP INDIKATOR ALAMI ASAM-BASA (Text)"^^ . . . . . "21104060034_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf"^^ . . . "IMPLEMENTASI MODEL PJBL DALAM MENGANALISIS KETERAMPILAN PROSES SAINS DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA SMA/MA MELALUI PEMBUATAN STRIP INDIKATOR ALAMI ASAM-BASA (Text)"^^ . . . . . "IMPLEMENTASI MODEL PJBL DALAM MENGANALISIS KETERAMPILAN PROSES SAINS DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA SMA/MA MELALUI PEMBUATAN STRIP INDIKATOR ALAMI ASAM-BASA (Other)"^^ . . . . . . "IMPLEMENTASI MODEL PJBL DALAM MENGANALISIS KETERAMPILAN PROSES SAINS DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA SMA/MA MELALUI PEMBUATAN STRIP INDIKATOR ALAMI ASAM-BASA (Other)"^^ . . . . . . "IMPLEMENTASI MODEL PJBL DALAM MENGANALISIS KETERAMPILAN PROSES SAINS DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA SMA/MA MELALUI PEMBUATAN STRIP INDIKATOR ALAMI ASAM-BASA (Other)"^^ . . . . . . "IMPLEMENTASI MODEL PJBL DALAM MENGANALISIS KETERAMPILAN PROSES SAINS DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA SMA/MA MELALUI PEMBUATAN STRIP INDIKATOR ALAMI ASAM-BASA (Other)"^^ . . . . . . "IMPLEMENTASI MODEL PJBL DALAM MENGANALISIS KETERAMPILAN PROSES SAINS DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA SMA/MA MELALUI PEMBUATAN STRIP INDIKATOR ALAMI ASAM-BASA (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "IMPLEMENTASI MODEL PJBL DALAM MENGANALISIS KETERAMPILAN PROSES SAINS DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA SMA/MA MELALUI PEMBUATAN STRIP INDIKATOR ALAMI ASAM-BASA (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "IMPLEMENTASI MODEL PJBL DALAM MENGANALISIS KETERAMPILAN PROSES SAINS DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA SMA/MA MELALUI PEMBUATAN STRIP INDIKATOR ALAMI ASAM-BASA (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "IMPLEMENTASI MODEL PJBL DALAM MENGANALISIS KETERAMPILAN PROSES SAINS DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA SMA/MA MELALUI PEMBUATAN STRIP INDIKATOR ALAMI ASAM-BASA (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . "HTML Summary of #70667 \n\nIMPLEMENTASI MODEL PJBL DALAM MENGANALISIS KETERAMPILAN PROSES SAINS DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA SMA/MA MELALUI PEMBUATAN STRIP INDIKATOR ALAMI ASAM-BASA\n\n" . "text/html" . . . "540.7 Pendidikan Kimia" . .