<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "IDENTIFIKASI SCIENTIFIC REASONING PESERTA DIDIK MENENGAH ATAS KELAS XI PADA MATERI TERMOKIMIA"^^ . "Penalaran ilmiah menjadi kunci bagi siswa dalam memahami konsep sains secara\r\nmendalam, terutama dalam menganalisis fenomena dan mengembangkan keterampilan\r\nberpikir kritis. Dalam pembelajaran termokimia, kemampuan ini berperan penting dalam\r\nmemahami energi dalam reaksi kimia serta keterkaitannya dengan variabel eksperimen.\r\nNamun, fakta di lapangan menunjukkan bahwa banyak siswa masih kesulitan dalam\r\nmengelola variabel, menemukan hubungan antar konsep, serta menerapkan logika ilmiah\r\nsecara sistematis. Untuk itu, penelitian ini dilakukan guna mengidentifikasi sejauh mana\r\ntingkat penalaran ilmiah siswa di salah satu MAN di Kabupaten Bantul, sehingga hasilnya\r\ndapat menjadi pijakan dalam merancang strategi pembelajaran yang lebih efektif dan\r\ninteraktif.Penalaran ilmiah merupakan keterampilan berpikir dan berargumen yang\r\nberperan dalam membangun konsep pembelajaran melalui proses penyelidikan ilmiah.\r\nKemampuan ini dapat diukur menggunakan instrumen Lawson Classroom Test of\r\nScientific Reasoning (LCTSR). Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi tingkat\r\npenalaran ilmiah siswa jenjang menengah atas dalam materi termokimia pada kelas XI di\r\nsalah satu MAN di Kabupaten Bantul. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah\r\nsurvei, dengan melibatkan 64 siswa yang telah mempelajari materi termokimia. Instrumen\r\nyang digunakan berupa tes diagnostik berbentuk pilihan ganda dua tingkat untuk\r\nmengukur kemampuan penalaran ilmiah siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa\r\npersentase kemampuan penalaran ilmiah siswa pada masing-masing indikator adalah\r\nConservation Reasoning (29%), Control of Variable (25%), Correlational Reasoning\r\n(22%), Proportional Reasoning (43%), Probabilistic Reasoning (30%), dan Hypothetical-\r\nDeductive Reasoning (47%). Pengelompokan tingkat scientific reasoning menunjukkan\r\nbahwa 48,44% siswa berada pada tahap operasional transisi, sementara 40,63% dan\r\nlainnya berada pada tahap operasional konkret. Mengacu pada temuan ini, diperlukan\r\npenerapan strategi pembelajaran yang lebih interaktif dan berorientasi pada eksperimen\r\nuntuk mendorong siswa mengasah pemikiran abstrak secara bertahap. Oleh karena itu,\r\npeningkatan kemampuan penalaran ilmiah dapat dicapai melalui pendekatan yang\r\ndisesuaikan dengan tahap perkembangan kognitif siswa, serta dengan menyediakan lebih\r\nbanyak pengalaman praktikum yang mendalam, eksploratif, dan menantang"^^ . "2025-03-03" . . . . "UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA"^^ . . . "FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA"^^ . . . . . . . . . "NIM.: 21104060037"^^ . "Elisa Intan Masfufah"^^ . "NIM.: 21104060037 Elisa Intan Masfufah"^^ . . . . . . "IDENTIFIKASI SCIENTIFIC REASONING PESERTA DIDIK MENENGAH ATAS KELAS XI PADA MATERI TERMOKIMIA (Text)"^^ . . . . . "21104060037_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf"^^ . . . "IDENTIFIKASI SCIENTIFIC REASONING PESERTA DIDIK MENENGAH ATAS KELAS XI PADA MATERI TERMOKIMIA (Text)"^^ . . . . . "IDENTIFIKASI SCIENTIFIC REASONING PESERTA DIDIK MENENGAH ATAS KELAS XI PADA MATERI TERMOKIMIA (Other)"^^ . . . . . . "IDENTIFIKASI SCIENTIFIC REASONING PESERTA DIDIK MENENGAH ATAS KELAS XI PADA MATERI TERMOKIMIA (Other)"^^ . . . . . . "IDENTIFIKASI SCIENTIFIC REASONING PESERTA DIDIK MENENGAH ATAS KELAS XI PADA MATERI TERMOKIMIA (Other)"^^ . . . . . . "IDENTIFIKASI SCIENTIFIC REASONING PESERTA DIDIK MENENGAH ATAS KELAS XI PADA MATERI TERMOKIMIA (Other)"^^ . . . . . . "IDENTIFIKASI SCIENTIFIC REASONING PESERTA DIDIK MENENGAH ATAS KELAS XI PADA MATERI TERMOKIMIA (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "IDENTIFIKASI SCIENTIFIC REASONING PESERTA DIDIK MENENGAH ATAS KELAS XI PADA MATERI TERMOKIMIA (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "IDENTIFIKASI SCIENTIFIC REASONING PESERTA DIDIK MENENGAH ATAS KELAS XI PADA MATERI TERMOKIMIA (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "IDENTIFIKASI SCIENTIFIC REASONING PESERTA DIDIK MENENGAH ATAS KELAS XI PADA MATERI TERMOKIMIA (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . "HTML Summary of #70670 \n\nIDENTIFIKASI SCIENTIFIC REASONING PESERTA DIDIK MENENGAH ATAS KELAS XI PADA MATERI TERMOKIMIA\n\n" . "text/html" . . . "540.7 Pendidikan Kimia" . .