%0 Thesis %9 Skripsi %A Laila Maharani, NIM.: 21104080014 %B FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN %D 2025 %F digilib:70672 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %K Strategi Developmentally Approriate Practice, Keterlambatan membaca, Siswa. %P 127 %T STRATEGI DEVELOPMENTALLY APPROPRIATE PRACTICE UNTUK MENGATASI KETERLAMBATAN MEMBACA PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA SISWA KELAS II SDIT SALSABILA AL-MUTHI’IN BANGUNTAPAN %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/70672/ %X Keterlambatan membaca sangat mempengaruhi pemahaman siswa pada kegiatan belajar mengajar. Diperlukan strategi pembelajaran yang tepat, sehingga siswa mampu memahami sebuah kata kemudian dapat menyusun kalimat hingga memahami isi bacaan baik dan benar. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui kemampuan membaca siswa kelas II yang mengalami keterlambatan membaca dan strategi Developmentally Appropriate Practice tepat mengatasi keterlambatan membaca siswa kelas II SDIT Salsabila Al-Muthi’in Banguntapan. Penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus dan bersifat deskriptif. Informan dalam penelitian ini ialah guru kelas II SDIT Salsabila Al-Muthi’in dan 3 siswa kelas II yang mengalami keterlambatan membaca. Teknik yang digunakan dalam penelitian ini yaitu purposive sampling dengan cara pengambilan sumber data yaitu informan sudah ditentukan awal penelitian. Teknik pengumpulan data penelitian ini dengan menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang telah dikumpulkan selanjutnya dianalisis dengan tiga tahapan yaitu: reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa kemampuan membaca siswa setelah penerapan strategi Developmentally Appropriate Practice (DAP) terjadi perubahan yang membuat siswa lebih mampu mengeja dan membaca kata-kata panjang dengan percaya diri, kesalahan membaca huruf terbalik berkurang secara signifikan, fokus serta daya ingat siswa juga mengalami peningkatan karena pembelajaran yang lebih interaktif dan bertahap menjadikan siswa memahami materi lebih baik. Strategi Developmentally Appropriate Practice tepat mengatasi keterlambatan membaca pada pembelajaran bahasa Indonesia siswa kelas II SDIT Salsabila Al-Muthi’in Banguntapan karena dibuktikan dengan hasil evaluasi sebelum dan sesudah penerapan strategi DAP. Peningkatan skor dalam tes pengenalan huruf dan kata, kemampuan membaca kata-kata sederhana lebih lancar, meningkatnya jumlah anak yang mampu membaca kalimat pendek dengan pemahaman yang baik menjadi indikator nyata dari keberhasilan strategi ini. Strategi Developmentally Appropriate Practice dalam pembelajaran sekolah dasar didasarkan pada 3 aspek utama yaitu: age appropriate, individual appropriate, social and cultural context appropriate. Dengan kesesuaian program terhadap perkembangan siswa, maka hasil belajar dan perkembangan siswa akan mencapai hasil yang maksimal khususnya pada tingkat sekolah dasar. %Z Nisa Syuhda, S.S., M.Hum.