%A NIM.: 21104080075 Chairunnissa %O Fitri Yuliawati, S.Pd.Si., M.Pd.Si. %T PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN VIDEO ANIMASI BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING PADA MATERI CUACA MATA PELAJARAN IPA KELAS III SEKOLAH DASAR %X Di kelas III Sekolah Dasar, materi pelajaran “cuaca” menjadi salah satu materi yang penting. Cuaca merupakan fenomena alam yang dapat berubah ubah, dan bervariasi. Berbagai penelitian mengungkapkan bahwa masih banyak ditemukan pembelajaran IPA yang diajarkan melalui metode penugasan saja. Ditemukan fakta bahwa metode penugasan masih sering di berikan oleh guru, dan banyak siswa yang mengalami kesulitan dalam memahami pembelajaran IPA. Penelitian lain mengungkapkan bahwa masih sering di temukan guru yang menggunakan metode ceramah dan Tanya jawab padahal guru dituntut untuk menggunakan pembelajaran yang kreatif dan inovatif. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu bagaimana kelayakan, dan respon praktisi dan peserta didik terhadap media pembelajaran video animasi berbasis Problem Based Learning pada materi cuaca mata Pelajaran IPA kelas III Sekolah Dasar. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development dengan model Borg&Gall. Informan dalam penelitian ini ialah guru kelas III SDN Prengguk 1 Gedangsari, SDN Prengguk II Gedangsari, SDN Candi Gedangsari, dan SDN Gupit Gedangsari. Teknik pengumpulan data penelitian ini dengan menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang telah dikumpulkan selanjutnya dianalisis dan telah disederhanakan menjadi empat tahap yaitu 1. Research and Information Collecting, 2. Planning, 3. Development of Prelminary Form Of Product, dan Preliminary Field Testing. Instrumen dalam penelitian ini yaitu instrumen validasi ahli media, validasi ahli materi, instrumen respon praktisi dan peserta didik. Adapun teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah desain produk, pengembangan produk, validasi produk, uji coba produk, revisi produk, dam implementasi. Berdasarkan validasi ahli, hasil validasi ahli media memperoleh rata-rata 77% dari 100% dengan kategori layak. Hasil validasi ahli media memperoleh skor rata-rata 98% dari 100% dengan kategori sangat layak. Hasil respon praktisi memperoleh skor ratarata 94% dari 100% dengan kategori baik. Dan hasil respon peserta didik memperoleh rata-rata 99% dari 100% dengan kategori posotif. Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa Pengembangan Media Pembelajaran Video Animasi Berbasis Problem Based Learning Pada Materi Cuaca Mata Pelajaran IPA Kelas III Sekolah Dasar ini mendapat kategori layak sebesar 88%. Dan respon praktisi dan peserta didik di sekolah dasar yang menjadi tujuan uji coba lapangan juga menunjukkan hasil positif yaitu sebesar 99%. %K Problem Based Learning, Video Animasi, Mata Pelajaran IPA %D 2025 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %L digilib70673