@phdthesis{digilib70706, month = {March}, title = {AL ISTITHNA' FI AL QUR'AN AL KARIM JUZ 22 (DIRASAH TAHLILIYYAH NAHWIYYAH WA TARIQAH TA'LIMIYYAH}, school = {UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA}, author = {NIM.: 21104020011 Chilma Asma Munaya}, year = {2025}, note = {Dr. Agung Setiawan, S.Pd.I., M.Pd.I.}, keywords = {Sintaksis, Al-Istis{\ensuremath{|}}na', Metode Pembelajaran}, url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/70706/}, abstract = {AL ISTITHNA' FI AL QUR'AN AL KARIM JUZ 22 (DIRASAH TAHLILIYYAH NAHWIYYAH WA TARIQAH TA'LIMIYY Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya temuan keunikan atau perbedaan makna pada beberapa ayat istisna dalam juz 22. Beberapa ayat istisna dengan adatu al-Istis{\ensuremath{|}}na' ?????? dan ??? menunjukkan pengecualian, sedang beberapa ayat lainnya tidak menunjukkan makna pengecualian secara signifikan. Oleh karena itu, tujuan dari penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui macam-macam adawatu al-Istis{\ensuremath{|}}na' pada Juz 22, 2) Untuk mengetahui jenis-jenis al-Istis{\ensuremath{|}}na' pada Juz 22, 3) Untuk mengetahui metode pembelajaran nahwu dengan materi al-Istis{\ensuremath{|}}na' dalam pembelajaran bahasa Arab. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian pustaka (library research) dengan pendekatan kualitatif. Objek penelitian ini adalah al-Istis{\ensuremath{|}}na' dalam juz 22. Pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dengan dokumentasi melalui membaca, mencatat, dan mereview sejumlah literature yang berkaitan dengan al-Istis{\ensuremath{|}}na'. Instrumen penelitian berupa kartu data dan analisis data berupa isi dilakukan dengan mengorganisasikan data, menjabarkan ke dalam unit-unit analisis, melakukan penggabungan, menyusun ke dalam pola, dan memilih serta memilah antara yang penting yang akan dipelajari dan membuat kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam juz 22 ditemukan 3 macam adawatu al-Istis{\ensuremath{|}}na', dengan rincian adatu al-Istis{\ensuremath{|}}na' berupa h\}arf yaitu ???? ? sejumlah 32 ayat, adatu al-Istis{\ensuremath{|}}na' berupa fi'il yaitu ?? ???? sejumlah 2 ayat, dan adatu al-Istis{\ensuremath{|}}na' berupa isim yaitu ?? sejumlah 4 ayat. 2) Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam juz 22 ditemukan 5 macam jenis al-Istis{\ensuremath{|}}na', dengan rincian al-Istis{\ensuremath{|}}na' al-muttasil berjumlah 13 ayat, al-munqot\}i' berjumlah 1 ayat, istis{\ensuremath{|}}na' tam mujab berumlah 5 ayat, stis{\ensuremath{|}}na' tam goiru mujab berjumlah 8 ayat, serta al-Istis{\ensuremath{|}}na' al-mufarrag berjumlah 25 ayat. 3) Penggunaan metode deduktif dan metode induktif dalam pembelajaran bahasa Arab dinilai cukup berhasil dan terus digunakan dalam pembelajaran nahwu sebagai sebuah formula dalam upaya mempermudah pembelajaran dan diduga kuat sebagai cikal bakal lahirnya bahan ajar nahhwu lainnya termasuk dalam kajian al-Istis{\ensuremath{|}}na'. Secara implikasinya, metode deduktif dinilai tepat sasaran bagi pembelajar dewasa yang telah mampu membaca dan berbahasa Arab, sedangkan metode induktif dinilai cocok bagi pembelajar bahasa Arab pemula.AH} }