%A NIM.: 21104020037 Dika Armyni %O Nurhapsari Pradnya Paramita, M.Pd.I. %T TAJRIBAH KASR AL JALID FI TAQIYYAH TAHSIL TA'LIM AL LUGHAH AL ARABIYYAH LI TALABAH AL SAF AL KHAMIS BI AL MADRASAH AL IBTIDAIYYAH AL ISLAMIYYAH AL MA'ARIF BI YOGYAKARTA %X Tujuan penelitian ini ialah untuk mengetahui penerapan ice breaking dalam pembelajaran bahasa Arab dan untuk mengetahui perbedaan prestasi belajar yang signifikan antara kelas kontrol dan kelas eksperimen siswa kelas V MI Ma’arif Bego Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif menggunakan jenis penelitian eksperimen dengan desain kuasi eksperimen (Quasi Eksperimental). Variabel bebas penelitian ini yaitu teknik ice breaking, dan variabel terikat penelitian ini adalah prestasi belajar. Populasi penelitian ini seluruh siswa siswi kelas V A, B, C MI Ma’arif Bego Yogyakarta. Sampel dipilih secara acak (Simple Random Sampling). Metode pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Pada tahap analisis data menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, uji t, dan uji wilcoxon dengan bantuan SPSS 23.0. Hasil penelitian eksperimen ini adalah: 1) Penerapan ice breaking dalam pembelajaran bahasa Arab dilakukan dengan tiga jenis, yaitu ice breaking tepuktepuk, ice breaking lagu, dan ice breaking brain gym. Pemberian ice breaking dilakukan diawal, ditengah, dan diakhir pembelajaran. 2) Terdapat perbedaan yang signifikan pada prestasi belajar bahasa Arab siswa kelas eksperimen. Hal ini dibuktikan dengan hasil uji hipotesis menggunakan uji wilcoxon yang menunjukkan bahwa hasil nilai pretest dan posttest kelas eksperimen diperoleh dengan signifikansi 0,000 lebih kecil dari 0,05 maka H0 ditolak. %K Bahasa Arab, Eksperimentasi, Ice Breaking, Prestasi Belajar %D 2025 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %L digilib70707