%A NIM.: 20104020011 Marsya Zahrotul ‘Ulya %O Dr. H. Maksudin, M.Ag %T TATBIQ WA NATAIJ AL TA'LIM BI KITAB AL MUHAWARAH AL HADITHIYYAH WA AMTHALATY LADA AL TALAB FASL AL KHAMIS BI MADRASAH AL THANAWIYYAH NURUL UMMAH AL SANAH AL DIRASIYYAH 2024-2025 %X Latar belakang penelitian ini berangkat dari ketertarikan peneliti terhadap metode pembelajaran yang menunjang kemampuan bahasa Arab siswa pada Madrasah Aliyah Nurul Ummah yaitu dengan mempelajari kitab Al-Muhawarah Al-Haditsah dan Amtsilati, keduanya dinilai efektif untuk meningkatkan pemahaman berbahasa Arab siswa, dari aspek keterampilan mendengar, keterampilan membaca, keterampilan berbicara, keterampilan menulis, serta penguasaan mufrodat, pelafalan bunyi kalimat yang benar, penyusunan kalimat, ilmu gramatika, mengetahui dan dapat dapat mengidentifikasi tarkib dan i’rab dari suatu kalimat sesuai dengan kaidah Amtsilati. Berdasarkan hasil observasi, metode pembelajaran yang diterapkan merupakan pembelajaran yang aktif, interaktif, dan belum banyak sekolah yang menerapkan pembelajaran bahasa Arab dengan menggunakan kitab. Siswa tidak hanya mendengarkan ceramah dari guru, pembelajaran yang berpusat pada siswa, mereka mendapatkan materi pembelajaran, menghafal nadzamnya dan mempraktekan materi dengan menganalisis kalimat bahasa Arab berdasarkan kaidah nahwu sharaf. tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana penerapan, hasil, serta kendala dalam pembelajaran menggunakan buku Al-Muhawarah Al-Haditsah dan Amsilati pada siswa kelas lima di Madrasah Aliyah Nurul Ummah tahun ajaran 2024-2025. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan (field research). Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, dokumentasi, dan wawancara yang direncanakan dengan lima narasumber, yaitu kepala sekolah, guru Al-Muhawarah Al-Haditsah, guru Amsilati, serta dua siswa kelas lima. Selain itu, pertanyaan ujian juga diberikan kepada seluruh anggota kelas. Teknik analisis data yang digunakan meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Sementara itu, keabsahan data dalam penelitian ini diperiksa menggunakan teknik triangulasi sumber. Hasil pembelajaran dengan kitab Al-Muhawarah Al-Haditsah dan Amtsilati pada kelas V Madrasah Aliyah Nurul Ummah berdasar pada hasil penelitian dengan instrumen soal pada pembelajaran kitab Al-Muhawarah Al-Haditsah diperoleh data dua siswa dengan kategori “cukup”, enam siswa dengan kategori “baik”, dan empat belas siswa dengan kategori “sangat baik”. Adapun data yang peneliti peroleh terkait pembelajaran Amtsilati yaitu dua siswa dengan kategori “baik”, dan dua puluh siswa dengan kategori “sangat baik”. Peneliti berharap semoga penelitian ini dapat bermanfaat bagi para guru yang sedang mencari inovasi untuk pengajaran pembelajaran bahasa Arab disekolahnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana proses dan hasil kitab Al-Muhawarah Al-Haditsah dan Amtsilati pada siswa kelas V Madrasah Aliyah Nurul Ummah tahun ajaran 2024. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian field research (penelitian lapangan). Teknik pengumpulan data dari penelitian ini dengan metode observasi, dokumentasi, wawancara yang dilakukan kepada lima informan, yaitu pengampu kitab Al-Muhawarah Al-Haditsah, pengampu Amtsilati, dan tiga siswa kelas V, serta metode instrumen soal yang akan diberikan kepada seluruh anggota kelas. Teknik analisis data yang peneliti gunakan adalah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Adapun uji keabsahan data pada penelitian ini menggunakan trianggulasi sumber dan trianggulasi teknik. %K Hasil Pembelajaran, Kitab Al-Muhawarah Al-Haditsah, Amtsilati, Pembelajaran Bahasa arab %D 2025 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %L digilib70710