%A NIM. 19102040005 Danang Wida Rohmana %O H. M. Toriq Nurmadiansyah, S.Ag., M.Si. %T EVALUASI PENERAPAN SISTEM INFORMASI MANAJEMEN NIKAH (SIMKAH) MENGGUNAKAN METODE HUMAN ORGANIZATION TECHNOLOGY-FIT STUDI PADA KANTOR URUSAN AGAMA UMBULHARJO KOTA YOGYAKARTA %X Dalam era Internet of Things, kehadiran internet menjadi kebutuhan penting bagi berbagai organisasi, termasuk lembaga pemerintah. Tuntutan masyarakat akan pelayanan berkualitas mendorong inovasi dalam sektor pelayanan publik di lembaga pemerintah. Banyak lembaga pemerintah, seperti Kantor Urusan Agama (KUA), kini memanfaatkan website dan teknologi online untuk dekat dengan masyarakat. Kementerian Agama Republik Indonesia meluncurkan aplikasi SIMKAH, yang bertujuan untuk meningkatkan profesionalisme pelayanan serta untuk pelaporan evaluasi kinerja pada KUA. Penelitian ini mengacu pada model evaluasi HOT Fit yang menganalisis sistem informasi manajemen dari tiga aspek meliputi manusia (human), organisasi (organization), dan teknologi (technology. Untuk mengkaji fenomena tersebut, penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, dokumentasi, dan wawancara yang dilakukan secara langsung kepada Kepala Kantor KUA Umbulharjo , Operator SIMKAH di KUA Umbulharjo, Staf pada unit pelayanan PTPD, serta Calon Pengantin sebagai User Experience dalam penggunaan SIMKAH. Adapun metode analisis data yang digunakan adalah model interaktif Miles dan Huberman yang terdiri dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa penerapan SIMKAH di KUA Umbulharjo Kota Yogyakarta, dinilai berjalan baik setelah ditinjau menggunakan metode HOT Fit dengan rincian sebagai berikut: Pertama dalam aspek Human penggunaan SIMKAH di KUA Umbulharjo Kota Yogyakarta sudah berjalan baik dengan melihat dari sisi pengetahuan User, kemudahan User dalam melakukan pencatatan registrasi pernikahan, memverifikasi data calon pengantin dengan cepat, serta menghasilkan laporan statistik yang akurat untuk mengevaluasi kinerja, Kedua dalam aspek Organization adanya dukungan teknis yang diberikan organisasi dalam penerapan SIMKAH berupa fasilitas yang memadai, dan pendampingan pelatihan/penyuluhan SIM secara mandiri oleh atasan. Ketiga dalam aspek Technology, terlihat ada kesesuaian antara kualitas sistem, kualitas informasi, dan kualitas layanan sehingga SIMKAH mampu diserap dan dipahami oleh User. Akan tetapi di aspek kualitas layanan, SIMKAH masih perlu dievaluasi. Kata Kunci: Sistem Informasi Manajemen, Evaluasi SIM, Pelaporan Evaluasi Kinerja KUA, Pencatatan Registrasi Nikah, SIMKAH, KUA Umbulharjo Kota Yogyakarta %K Sistem Informasi Manajemen, Evaluasi SIM, Pelaporan Evaluasi Kinerja KUA, Pencatatan Registrasi Nikah, SIMKAH, KUA Umbulharjo Kota Yogyakarta %D 2025 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %L digilib70721