relation: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/70726/ title: ASESMEN DAN INTERVENSI MINAT BAKAT SISWA SEBAGAI IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA DI SMA N 1 SRAGI creator: Yogi Wirareja, NIM.: 22200012018 subject: 158.3 Psikologi Konseling, Penyuluhan, Bimbingan Konseling description: Implementasi Kurikulum Merdeka memberikan kebebasan bagi siswa untuk menentukan jalur belajar sesuai dengan minat dan bakat mereka. Dalam hal ini, peran Guru BK dalam melakukan asesmen dan intervensi sangatlah penting, tidak hanya dalam mendukung perkembangan siswa, tetapi juga dalam meningkatkan kualitas pendidikan secara keseluruhan. Pelaksanaan asesmen dan intervensi menjadi aspek krusial untuk memastikan bahwa setiap siswa memperoleh bimbingan yang sesuai dengan kebutuhan dan potensinya, sehingga dapat berkembang secara optimal dalam lingkungan pendidikan yang inklusif dan fleksibel. Penelitian ini bertujuan untuk memahami metode asesmen yang digunakan oleh Guru BK dalam memetakan minat dan bakat siswa serta intervensi yang dilakukan selama proses tersebut di SMA Negeri 1 Sragi. Pendekatan penelitian yang digunakan bersifat kualitatif dengan karakteristik deskriptif. Lokasi penelitian berada di SMA Negeri 1 Sragi, Kabupaten Lampung Selatan. Informan dalam penelitian ini terdiri dari Guru BK, tim kurikulum, serta siswa kelas XI. Data dikumpulkan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Dengan analisis keabsahan data menggunakan metode triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa asesmen yang dilakukan oleh Guru BK di SMA Negeri 1 Sragi berperan penting dalam pemetaan minat dan bakat siswa. Proses asesmen yang sistematis dan berbasis data memungkinkan identifikasi potensi akademik dan non-akademik secara lebih akurat. Berbagai jenis asesmen yang diterapkan mencakup asesmen diagnostik, formatif, tertulis, dan sumatif, dengan instrumen berupa angket yang mencakup pengumpulan data peserta didik, gaya belajar, pemahaman diri, minat dan bakat, perencanaan karier, serta proyeksi pekerjaan berdasarkan mata pelajaran. Melalui metode ini, Guru BK dapat memberikan bimbingan yang lebih terarah untuk membantu siswa mengenali potensi mereka dan merancang masa depan secara lebih matang. Selain itu, intervensi dilakukan melalui konseling individu serta layanan penempatan yang bertujuan untuk mendukung perkembangan pribadi, sosial, dan akademik siswa. Kolaborasi antara Guru BK, wali kelas, dan tim kurikulum turut berkontribusi dalam meningkatkan efektivitas asesmen dan intervensi. Dengan adanya asesmen yang tepat, siswa dapat memahami potensi diri mereka, membuat keputusan akademik yang lebih baik, serta merancang masa depan yang sejalan dengan minat dan bakat mereka. Hal ini selaras dengan tujuan Kurikulum Merdeka dalam mendukung pengembangan individu secara optimal. date: 2025-03-06 type: Thesis type: NonPeerReviewed format: text language: id identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/70726/1/22200012018_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf format: text language: id identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/70726/2/22200012018_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf identifier: Yogi Wirareja, NIM.: 22200012018 (2025) ASESMEN DAN INTERVENSI MINAT BAKAT SISWA SEBAGAI IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA DI SMA N 1 SRAGI. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.