<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "DINAMIKA PSIKOLOGIS PERILAKU INDISIPLINER PADA SISWA BROKEN HOME STUDI KASUS DI MADRASAH"^^ . "Kedisiplinan siswa memiliki peran krusial dalam membentuk kehidupan\r\nyang lebih baik, dengan menanamkan etika yang menjadi pedoman dalam\r\nmengikuti norma-norma sosial. Namun, pada kenyataannya masih banyak\r\nditemukan perilaku indisipliner. Isu kedisiplinan yang terus berkembang\r\nseiring dengan perubahan generasi perlu dilakukan kajian lebih mendalam.\r\nPenelitian ini bertujuan untuk mengkaji perilaku indisipliner pada siswa dari\r\nkeluarga broken home, dengan menggunakan penelitian kualitatif dengan\r\npendekatan studi kasus untuk mendapatkan data yang mendalam. Subjek\r\npenelitian yakni siswa dari keluarga broken home yang melakukan perilaku\r\nindisipliner, usia 14-15 tahun. Pengumpulan data melalui wawancara\r\nmendalam, observasi dan dokumentasi. Perilaku indisipliner pada siswa ini\r\nsangat berkaitan dengan dinamika psikologis yang dipengaruhi oleh kondisi\r\nkeluarga yang tidak harmonis. Faktor-faktor seperti kehilangan figur orang tua,\r\nkurangnya perhatian keluarga, dan lingkungan sosial yang tidak mendukung\r\nmerupakan penyebab utama dalam perkembangan emosional, perseptual, dan\r\nperilaku siswa. Aspek emosional siswa dipengaruhi oleh konflik batin, seperti\r\nperasaan kesedihan, kemarahan, dan rasa tidak aman akibat ketegangan dalam\r\nkeluarga. Dalam aspek perseptual, siswa mengalami krisis identitas yang\r\nmembuat mereka kesulitan memahami peran diri dan tujuan hidup. Dari sisi\r\nperilaku, siswa cenderung menunjukkan tindakan indisipliner seperti bolos\r\nsekolah, kecanduan game, dan menghindari tanggung jawab akademik sebagai\r\nbentuk pelarian dari kenyataan yang sulit mereka hadapi. Faktor-faktor lain\r\nseperti kematian orang tua, konflik keluarga, perundungan, pengaruh teman\r\nsebaya negatif, dan kebiasaan bermain game berlebihan semakin memperburuk\r\nperilaku ini. Dalam mengatasi perilaku indisipliner, peran guru Bimbingan dan\r\nKonseling (BK) sangat diperlukan, dengan melakukan identifikasi masalah,\r\nmemberikan teguran, melakukan tindakan korektif, serta memberikan\r\ndukungan emosional. Kerjasama yang baik antara guru BK, orang tua serta\r\nlingkungan pendidikan sangat dibutuhkan untuk menciptakan perubahan positif\r\npada perilaku siswa. Intervensi yang tepat dapat memberikan dampak\r\nsignifikan terhadap perkembangan emosional, sosial, dan akademik siswa, serta\r\nmembentuk karakter disiplin menjadi lebih baik."^^ . "2025-02-19" . . . . "UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA"^^ . . . "PASCASARJANA, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA"^^ . . . . . . . . . "NIM.: 22200012091"^^ . "Yusril Yasin"^^ . "NIM.: 22200012091 Yusril Yasin"^^ . . . . . . "DINAMIKA PSIKOLOGIS PERILAKU INDISIPLINER PADA SISWA BROKEN HOME STUDI KASUS DI MADRASAH (Text)"^^ . . . . . "22200012091_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf"^^ . . . "DINAMIKA PSIKOLOGIS PERILAKU INDISIPLINER PADA SISWA BROKEN HOME STUDI KASUS DI MADRASAH (Text)"^^ . . . . . "DINAMIKA PSIKOLOGIS PERILAKU INDISIPLINER PADA SISWA BROKEN HOME STUDI KASUS DI MADRASAH (Other)"^^ . . . . . . "DINAMIKA PSIKOLOGIS PERILAKU INDISIPLINER PADA SISWA BROKEN HOME STUDI KASUS DI MADRASAH (Other)"^^ . . . . . . "DINAMIKA PSIKOLOGIS PERILAKU INDISIPLINER PADA SISWA BROKEN HOME STUDI KASUS DI MADRASAH (Other)"^^ . . . . . . "DINAMIKA PSIKOLOGIS PERILAKU INDISIPLINER PADA SISWA BROKEN HOME STUDI KASUS DI MADRASAH (Other)"^^ . . . . . . "DINAMIKA PSIKOLOGIS PERILAKU INDISIPLINER PADA SISWA BROKEN HOME STUDI KASUS DI MADRASAH (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "DINAMIKA PSIKOLOGIS PERILAKU INDISIPLINER PADA SISWA BROKEN HOME STUDI KASUS DI MADRASAH (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "DINAMIKA PSIKOLOGIS PERILAKU INDISIPLINER PADA SISWA BROKEN HOME STUDI KASUS DI MADRASAH (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "DINAMIKA PSIKOLOGIS PERILAKU INDISIPLINER PADA SISWA BROKEN HOME STUDI KASUS DI MADRASAH (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . "HTML Summary of #70728 \n\nDINAMIKA PSIKOLOGIS PERILAKU INDISIPLINER PADA SISWA BROKEN HOME STUDI KASUS DI MADRASAH\n\n" . "text/html" . . . "158.3 Psikologi Konseling, Penyuluhan, Bimbingan Konseling" . .