@mastersthesis{digilib70767, month = {March}, title = {FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MINAT MENABUNG GENERASI Z PADA BANK SYARIAH DENGAN RELIGIUSITAS SEBAGAI VARIABEL MODERASI}, school = {UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA}, author = {NIM.: 23208011021 Fadhel Mohammad}, year = {2025}, note = {Prof. Dr. Syafiq Mahmadah Hanafi., M.Ag,}, keywords = {generation z; saving interest}, url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/70767/}, abstract = {Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi minat menabung generasi Z pada bank syariah dengan religiusitas sebagai variabel moderasi. Model yang diterapkan melibatkan tiga variabel independen yaitu media sosail, literasi keuangan syariah, dan tujuan finansial, serta satu tambahan variabel yang bertindak sebagai variabel moderasi yaitu religiusitas. Selanjutnya, variabel dependen hanya satu yakni, minat menabung. Analisis data dilakukan dengan menggunakan pendekatan structural equation modelling ? partial least square (SEM-PLS). data yang digunakan adalah data primer, dan kuantitatif. Data dikumpulkan dari 270 responden dengan menyebar kuesioner yang menggunakan skala likert dengan lima pilihan jawaban. Analisis data dilakukan dengan bantuan SmartPLS 4. Hasil pengujian hubungan langsung semua indikator yang digunakan untuk mengukur variabel adalah signifikan pada nilai alfa 5 persen atau 0,05 persen. Penelitian menunjukkan bahwa media sosial, literasi keuangan syariah, dan tujuan finansial berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap minat menabung generasi Z. Sementara itu, pengujian yang menggunakan variabel moderasi menunjukkan hasil yang bervariasi. Media sosial dan literasi keuangan syariah dapat memoderasi minat menabung generasi Z melalui religiusitas secara negatif dan signifikan. Sedangkan tujuan finansial memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap minat menabung generasi Z melalui religiusitas.} }