@phdthesis{digilib70776, month = {February}, title = {KENDALI MODE LUNCUR PADA SISTEM SUSPENSI AKTIF DENGAN SIMULASI MATLAB}, school = {UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA}, author = {NIM.: 21106010006 Dewi Rohmawati}, year = {2025}, note = {Dr. Muhammad Wakhid Musthofa, S.Si.,M.Si}, keywords = {control system; Linear Quadratic Regulator (LQR); suspension system; Sliding Mode Control (SMC); MATLAB Simulation}, url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/70776/}, abstract = {Sistem suspensi terdapat dua macam yaitu sistem suspensi pasif dan sistem suspensi aktif. Dalam pengaplikasikan sistem suspensi pasif pada mobil terdiri dari pegas dan redaman. Sedangkan sistem suspensi aktif terdiri dari komponen pasif dan aktuator gaya yang berfungsi menyuplai energi suatu sistem sehingga menghasilkan gerak relatif yang mampu menghasilkan keamanan dan kenyamanan dalam berkendara. Banyaknya skema sistem suspensi yang bisa digunakan untuk mendapatkan peforma terbaik. Penelitian ini menyajikan konsep dasar sistem kendali dan penerapan masalah sistem kendali. Penelitian ini melakukan perbandingan sistem suspensi pasif dan sistem suspensi aktif dengan 2 skema yaitu Linear Quadratik Regulator (LQR) dan Sliding mode control (SMC). Sistem kendali dimodelkan dalam bentuk sistem seperempat mobil dan metode yang digunakan dalam analisis kestabilan sistem adalah metode Lyapunov. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa nilai Ca (koefisi redaman) berpengaruh pada kestabilan sistem.} }