TY - THES N1 - Dr. Muhammad Wakhid Musthofa, S.Si.,M.Si ID - digilib70776 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/70776/ A1 - Dewi Rohmawati, NIM.: 21106010006 Y1 - 2025/02/25/ N2 - Sistem suspensi terdapat dua macam yaitu sistem suspensi pasif dan sistem suspensi aktif. Dalam pengaplikasikan sistem suspensi pasif pada mobil terdiri dari pegas dan redaman. Sedangkan sistem suspensi aktif terdiri dari komponen pasif dan aktuator gaya yang berfungsi menyuplai energi suatu sistem sehingga menghasilkan gerak relatif yang mampu menghasilkan keamanan dan kenyamanan dalam berkendara. Banyaknya skema sistem suspensi yang bisa digunakan untuk mendapatkan peforma terbaik. Penelitian ini menyajikan konsep dasar sistem kendali dan penerapan masalah sistem kendali. Penelitian ini melakukan perbandingan sistem suspensi pasif dan sistem suspensi aktif dengan 2 skema yaitu Linear Quadratik Regulator (LQR) dan Sliding mode control (SMC). Sistem kendali dimodelkan dalam bentuk sistem seperempat mobil dan metode yang digunakan dalam analisis kestabilan sistem adalah metode Lyapunov. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa nilai Ca (koefisi redaman) berpengaruh pada kestabilan sistem. PB - UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA KW - control system; Linear Quadratic Regulator (LQR); suspension system; Sliding Mode Control (SMC); MATLAB Simulation M1 - skripsi TI - KENDALI MODE LUNCUR PADA SISTEM SUSPENSI AKTIF DENGAN SIMULASI MATLAB AV - restricted EP - 131 ER -