<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "Studi Hadis Integrasi dan Interkoneksi dalam Pengetahuan dan Agama"^^ . "Buku ini berangkat dari pemikiran dalam pidato pengukuhan Guru\r\nBesar saya yang berjudul \"Hadis Misoginis: Resepsi, Negosiasi, dan\r\nPergolakan Pemikiran antara Tradisi dan Modernitas di Indonesia.\"\r\nDalam pidato ini, saya menyoroti bagaimana interpretasi hadis yang\r\nbias gender dapat membentuk budaya dan pemikiran masyarakat\r\nIslam serta memengaruhi struktur sosial. Mengacu pada pemikiran\r\ntersebut, buku ini bertujuan meninjau kembali pendekatan normatif\r\ndalam kajian hadis, khususnya dalam pendidikan agama Islam.\r\nDalam buku ini, hadis tidak hanya diperlakukan sebagai\r\nteks hukum, tetapi juga sebagai entitas yang kaya akan dimensi\r\nsosial yang kontekstual, sehingga mampu berkontribusi pada\r\npengembangan keilmuan yang berkeadilan dan berimbang gender.\r\nPendekatan integratif-interkonektif menjadi pijakan utama dalam\r\nmemahami hadis sebagai sumber pendidikan Islam yang adaptif\r\nterhadap kebutuhan zaman serta mampu merespons tantangan\r\nkontemporer tanpa mengabaikan prinsip-prinsip dasar Islam. Di sisi\r\nlain, pendekatan ini juga menekankan pentingnya sensitivitas gender\r\ndalam upaya memperbaiki ketimpangan sosial dan bias patriarkis yang sering ditemukan dalam interpretasi hadis tradisional. Dengan\r\ndemikian, buku ini menawarkan sebuah kerangka untuk mengkritisi\r\ndan merekonstruksi pemahaman hadis yang lebih humanis dan\r\naplikatif, sehingga dapat menciptakan pendidikan agama Islam yang\r\ninklusif, relevan, dan mampu menjawab tantangan zaman secara\r\nholistik. Lebih jauh lagi, dalam era perkembangan ilmu pengetahuan\r\nyang semakin pesat, kebutuhan akan integrasi dan konektivitas\r\nantardisiplin ilmu menjadi sangat relevan, khususnya dalam konteks\r\npendidikan agama Islam (PAI). Pendekatan integratif-interkonektif\r\nhadir sebagai upaya menjawab tantangan ini, di mana kajian hadis\r\nbukan hanya menjadi sumber hukum dan etika, tetapi juga berfungsi\r\nsebagai landasan pengembangan wawasan yang lebih luas dan\r\nkomprehensif. Buku ini hadir untuk menggali potensi tersebut, dengan\r\nfokus pada tema besar \"Pengembangan Ilmu Pengetahuan Integratif-\r\nInterkonektif Perspektif Hadis,\" yang bertujuan menjembatani\r\npemahaman klasik dan kontemporer dalam Islam.\r\nTema besar ini berupaya mengembangkan pendekatan\r\ninterkonektif dalam memahami hadis, sehingga hadis diperlakukan\r\nbukan hanya sebagai teks normatif, tetapi juga sebagai sumber\r\nreflektif bagi pendidikan Islam yang responsif terhadap konteks\r\nzaman. Pendekatan ini mendukung pentingnya integrasi ilmu\r\npengetahuan sebagai upaya mengatasi dikotomi antara ilmu agama\r\ndan ilmu dunia. Dengan demikian, buku ini menawarkan landasan\r\nyang menyeluruh dan fungsional bagi para pendidik dan akademisi\r\ndalam merumuskan materi pendidikan agama Islam yang relevan,\r\naplikatif, dan kontekstual serta mampu mengatasi keterpisahan\r\nantardisiplin ilmu yang selama ini terjadi.\r\nBuku ini juga menyoroti bagaimana prinsip-prinsip dalam hadis\r\ndapat menjadi pilar pengembangan ilmu pengetahuan yang holistik.\r\nMelalui pendekatan ini, berbagai aspek dalam hadis akan dikaji untuk\r\nmelihat kontribusinya terhadap perkembangan ilmu pengetahuan di bidang-bidang seperti etika, moralitas, dan nilai-nilai universal\r\nyang dapat diterapkan dalam pendidikan. Dengan pendekatan\r\nini, diharapkan metodologi pendidikan Islam akan semakin kaya\r\ndalam menghadapi tantangan modern tanpa mengabaikan akar\r\ntradisionalnya yang kuat. Pendahuluan ini mengajak pembaca\r\nmemahami pentingnya ilmu pengetahuan yang tidak terpisah-pisah,\r\nmelainkan saling melengkapi dan memperkuat satu sama lain, di\r\nmana perspektif hadis memberikan panduan bagi pengembangan\r\nilmu pengetahuan yang integratif dan relevan dengan tantangan\r\nzaman.\r\nBuku yang ada di hadapan Anda merupakan kajian hadis tentang\r\nintegrasi dan interkoneksi antara ilmu dan agama—sebuah konsep\r\nyang mudah diucapkan tetapi memerlukan pendalaman yang harus\r\ndilakukan dengan tekun. Pembahasan dalam buku ini mencakup\r\nberbagai tema yang berhubungan dengan integrasi dan interkoneksi\r\ndalam pengetahuan dan agama, serta lima pembahasan utama,\r\nyaitu hadis sebagai basis pengembangan ilmu Pendidikan Agama\r\nIslam (PAI), ontologi, epistemologi, dan aksiologi hadis, pendidikan\r\nberbasis hadis, pendidikan sosial dan kebangsaan berbasis hadis,\r\nserta kepemimpinan dan Pancasila dalam perspektif hadis. Buku ini\r\nsengaja disusun dengan bahasa yang sederhana agar dapat dibaca\r\noleh semua kalangan."^^ . "2025-03" . . . "CV. Bildung Nusantara"^^ . . . . . . . . . . . "-"^^ . "Ema Marhumah"^^ . "- Ema Marhumah"^^ . . "-"^^ . "Iffah Khoiriyatul Muyassaroh"^^ . "- Iffah Khoiriyatul Muyassaroh"^^ . . . . . . "Studi Hadis Integrasi dan Interkoneksi dalam Pengetahuan dan Agama (Text)"^^ . . . . . "Studi Hadis Integrasi dan Interkoneksi dalam Pengetahuan dan Agama (Other)"^^ . . . . . . "indexcodes.txt"^^ . . . "Studi Hadis Integrasi dan Interkoneksi dalam Pengetahuan dan Agama (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "Studi Hadis Integrasi dan Interkoneksi dalam Pengetahuan dan Agama (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "Studi Hadis Integrasi dan Interkoneksi dalam Pengetahuan dan Agama (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "Studi Hadis Integrasi dan Interkoneksi dalam Pengetahuan dan Agama (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . "HTML Summary of #70832 \n\nStudi Hadis Integrasi dan Interkoneksi dalam Pengetahuan dan Agama\n\n" . "text/html" . . . "Hadis" . .