%0 Thesis %9 Skripsi %A Syafa’ah Tsabitah Zahra, NIM.: 21104060021 %B FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN %D 2025 %F digilib:70844 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %K Literasi Sains; Piktorial; Redoks %P 160 %T PENGEMBANGAN SOAL BERBASIS PIKTORIAL UNTUK MENGUKUR KEMAMPUAN LITERASI SAINS PESERTA DIDIK PADA MATERI REAKSI REDOKS %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/70844/ %X Menurut data PISA tahun 2022 Indonesia mengalami penurunan skor rata-rata jika dibandingkan dengan tahun sebelumnya yaitu 383 poin. Kemampuan literasi sains peserta didik yang rendah dikarenakan belum mendukungnya pembelajaran dengan menghubungkan kehidupan sekitar serta belum menggunakan gambar sebagai contoh dalam pembelajaran. Berdasarkan hasil studi literatur, pengembangan soal literasi sains pada materi redoks belum dilakukan, serta berdasarkan hasil wawancara dengan guru, guru belum pernah mengembangkan soal literasi sains. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan soal literasi sains berbasis piktorial serta melakukan uji validitas dan reliabilitas. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian Research and Development (R&D) dengan model pengembangan Tessmer. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, didapatkan soal yang dikembangkan merupakan materi redoks yang berjumlah 22 soal dengan 8 indikator. Soal tersebut berupa soal pilihan ganda, pilihan ganda kompleks, isian, esai, dan menjodohkan. Soal literasi sains yang dikembangkan mendapatkan nilai CVR 1. Pengujian reliabilitas dengan rasch model mendapatkan hasil person reliability 0,68 dan item reliability 0,85. Berdasarkan hasil penelitian produk yang dikembangkan semua valid dan mencapai tingkat reliabilitas pada kategori cukup dan baik, kemampuan literasi sains peserta didik mendapatkan rata rata dengan berada pada kategori yang cukup. %Z Setia Rahmawan, M.Pd.