eprintid: 70846 rev_number: 11 eprint_status: archive userid: 12243 dir: disk0/00/07/08/46 datestamp: 2025-04-16 06:15:58 lastmod: 2025-04-16 06:15:58 status_changed: 2025-04-16 06:15:58 type: thesis metadata_visibility: show contact_email: muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id creators_name: Naf’a Anindya Putri, NIM.: 21104030015 title: IMPLEMENTASI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM BAGI ANAK INDONESIA YANG BERTEMPAT TINGGAL DI JEPANG ispublished: pub subjects: 372.21 divisions: pa_uds1 full_text_status: restricted keywords: pendidikan Islam; negara mayoritas non-muslim; diaspora note: Hafidz Aziz, S.Pd.I., M.Pd.I abstract: Diaspora Indonesia di Jepang terus bertumbuh secara signifikan, mencakup pekerja migran, dan juga pelajar. Namun, mereka menghadapi tantangan dalam mempertahankan identitas terutama di tengah budaya Jepang yang homogen. Dalam konteks ini, pendidikan agama Islam memainkan peran penting sebagai landasan untuk menjaga nilai-nilai dan identitas individu khususnya anak-anak muslim. Penelitian ini bertujuan meneliti implementasi pendidikan agama Islam bagi anak Indonesia yang bertempat tinggal di Jepang. Jenis penelitian kualitatif deskriptif. Jumlah informan 4 orang tua dan 15 anak usia 2-8 tahun. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis tematik yang terdiri dari enam tahapan berbeda yang membentuk tema, akhirnya menghasilkan data yang akurat. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Pertama, strategi dalam pengembangan nilai Islam yang dilakukan untuk anak dilingkungan mayoritas non-muslimdengan menggunaan bahasaJepang sebagai bahasapengantar pembelajaran. Penggunaan media menarik minat anak dan interaktif, seperti video digital dan komik; Kedua, faktor penghambat pengembangan nilai-nilai Islam pada anak-anak diantaranya tidak adanya dukungan dari pemerintah ataupun institusi setempat. Budaya yang berbeda merupakan salah satu hambatan dalam pendidikan agama Islam. Sedangkan faktor pendukung dilingkungan lokal Jepang, yaitu masyarakat tidak mempermasalahkan perbedaan keagamaan. Sehingga terbentuknya kolaborasi orang tua dan komunitas keagamaan pada (KMII) Keluarga Muslim Indonesia Ishikawa. Salah satu kegiatan keislaman yang dibentuk seperti (TPA) Taman Pendidikan Al-Qur’an dan pengajian. date: 2025-01-16 date_type: published pages: 100 institution: UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA department: FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: Naf’a Anindya Putri, NIM.: 21104030015 (2025) IMPLEMENTASI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM BAGI ANAK INDONESIA YANG BERTEMPAT TINGGAL DI JEPANG. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/70846/1/21104030015_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/70846/2/21104030015_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf