relation: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/70848/ title: PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS WEB PICKER WHEEL TEMA 6 PADA PEMBELAJARAN TEMATIK DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN BERPIKIR KREATIF SISWA SEKOLAH DASAR DI INDRAMAYU creator: Uuz Zakiyah Devi, NIM.: 21204081029 subject: 371.33 Media Pembelajaran subject: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah description: Penelitian ini bermula dari keprihatinan penulis terhadap media pembelajaran tematik pada siswa kelas V SD NU Darul Hikam. Dengan semakin meningkatnya digitalisasi, media pendidikan yang digunakan menjadi kurang efektif dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan kreatif siswa, karena hanya menggunakan buku-buku yang disediakan oleh sekolah. Hal ini menurunkan kemampuan berpikir kritis dan kreatif siswa karena media yang digunakan membuat mereka bosan dan membuat pembelajaran menjadi kurang efektif. Tujuan penelitian pengembangan ini adalah (1) menetapkan langkah-langkah pengembangan picker wheel media pembelajaran berbasis web untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan berpikir kreatif siswa kelas V SD NU Darul Hikam; (2) Untuk mengetahui kelayakan picker wheel media pembelajaran berbasis web untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan berpikir kreatif siswa kelas V SD NU Darul Hikam. (3) Untuk mengetahui efektivitas picker wheel media pembelajaran berbasis web terhadap peningkatan keterampilan berpikir kritis dan berpikir kreatif siswa kelas V SD NU Darul Hikam. Penelitian ini menggunakan metode penelitian pengembangan. Desain penelitian ini menggunakan model ADDIE yang terdiri dari lima tahap yaitu analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Instrumen pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah evaluasi oleh ahli media, ahli materi, ahli bahasa, evaluasi guru, dan hasil survei pre test dan post test dari siswa. Lokasi penelitian ini adalah SD NU Darul Hikam Kecamatan Kertasemaya Kabupaten Indramayu. Penelitian ini dilakukan pada 23 siswa kelas lima. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pengembangan media pembelajaran menghasilkan produk berbasis situs web. Tahap uji kelayakan media pembelajaran picker wheel dilakukan melalui ahli media, ahli materi, ahli bahasa dan respon guru. Setelah diverifikasi oleh ahli media, hasilnya adalah 86,1 dalam kategori "layak". Hasil uji validasi oleh ahli materi 1 dan 2 adalah nilai 97,7 dan 95,5 sehingga bahan masuk dalam kategori “Sangat layak”. Hasil uji ahli linguistik memperoleh nilai 82,5 dengan kategori “Layak”. Tes respon guru juga memperoleh nilai 96,9 dalam kategori “Sangat layak”. Efektivitas media pembelajaran berbasis Picker Wheel dapat dilihat dari hasil pre-test dan post-test siswa kelas V SD NU Darul Hikam Indramayu. Berdasarkan hasil N-gain dapat diketahui nilai rata-rata yaitu 0,8. Berdasarkan hasil tersebut dapat diperoleh kesimpulan bahwa terdapat perbedaan nilai pre test dengan nilai post test. Dengan ini dapat dinyatakan bahwa penggunaan media pembelajaran berbasis web picker wheel efektif terhadap kemampuan berpikir kritis dan berpikir kreatif peserta didik. date: 2025-02-27 type: Thesis type: NonPeerReviewed format: text language: id identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/70848/1/21204081029_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf format: text language: id identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/70848/2/21204081029_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf identifier: Uuz Zakiyah Devi, NIM.: 21204081029 (2025) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS WEB PICKER WHEEL TEMA 6 PADA PEMBELAJARAN TEMATIK DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN BERPIKIR KREATIF SISWA SEKOLAH DASAR DI INDRAMAYU. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.