relation: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/70849/ title: HUBUNGAN KOMPETENSI PROFESIONAL GURU DAN KUALITAS PELAYANAN PENDIDIKAN TERHADAP KEPUASAN WALI MURID DI TPQ AR ROHMAH PANGGANG JEPARA creator: Azza Lailatul Istnain, NIM.: 20104090014 subject: 371.1 Guru, Tenaga Pendidik, Tenaga Pengajar description: Latar belakang penelitian ini berawal dari keterkaitan peneliti terhadap kompetensi profesional guru dan kualitas layanan pendidikan yang berperan penting dalam kepuasan wali murid. Guru yang kompeten serta layanan pendidikan yang baik dapat menciptakan lingkungan belajar yang optimal. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk (1) mengetahui apakah terdapat hubungan yang signifikan antara kompetensi profesional guru terhadap kepuasan wali murid TPQ Ar Rohmah Panggang Jepara. (2) mengetahui apakah terdapat hubungan yang signifikan antara kualitas pelayanan pendidikan terhadap kepuasan wali murid TPQ Ar Rohmah Panggang Jepara. (3) mengetahui apakah terdapat hubungan antara kompetensi profesional guru dan kualitas pelayanan pendidikan terhadap kepuasan wali murid TPQ Ar Rohmah Panggang Jepara.(4) mengetahui apakah terdapat mediasi di setiap hubungan antar variabel kompetensi profesional guru, kualitas pelayanan pendidikan, dan kepuasan wali murid. Metode penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif melalui analisis deskriptif dan analisisi inferensial menggunakan korelasi sederhana dan korelasi multivariate. Pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan sampling jenuh dikarenakan jumlah sampel kurang dari 100 orang maka seluruh anggota populasi dalam penelitian dijadikan sampel sehingga sampel penelitian berjumlah 88 wali murid di TPQ Ar Rohmah Panggang Jepara. Alat pengumpulan data menggunakan kuesioner. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Terdapat hubungan yang signifikan antara Kompetensi Profesional Guru dengan kepuasan wali murid di TPQ Ar Rohmah Panggang Jepara. Hasil tersebut dibuktikan dengan nilai pearson correlation kompetensi profesional guru 0,651 yang menunjukkan korelasi pada tingkat tinggi/kuat dan nilai signifikansi 0,000 < 0,05 yang artinya Ha1 diterima H01 ditolak. (2) Terdapat hubungan yang signifikan antara kualitas pelayanan pendidikan dengan kepuasan wali murid di TPQ Ar Rohmah Panggang Jepara. Hasil tersebut dibuktikan dengan nilai pearson correlation kualitas pelayanan pendidikan 0,831 yang menunjukkan korelasi pada tingkat sangat tinggi/sangat kuat dan nilai signifikansi 0,000 < 0,05 yang artinya Ha2 diterima H02 ditolak. (3) Hasil penelitian menunjukkan terdapat hubungan yang signifikan secara simultan antara kompetensi profesional guru dan kualitas pelayanan pendidikan terhadap kepuasan wali murid di TPQ Ar Rohmah Panggang Jepara. Nilai R-Square yang besarnya 69,2% menunjukkan hubungan yang kuat/tinggi kemudian sisanya 30,8% dikontribusikan oleh variabel lain yang artinya, Ha3 diterima H03 ditolak. (4) Hasil dari penelitian korelasi parsial menunjukkan bahwa hubungan kompetensi profesional guru dengan kualitas pelayanan pendidikan dimediasi oleh kepuasan wali murid dengan nilai ryx = 0,802 dan ryx.z = 0,619 yang berarti ryx > ryx.z. kemudian hubungan kompetensi profesional guru dengan kepuasan wali murid dimediasi oleh kualitas pelayanan pendidikan dengan nilai ryx = 0,651 dan ryx.z = -0,048 yang berarti ryx > ryx.z dan hubungan kualitas pelayanan pendidikan dengan kepuasan wali murid dimediasi oleh kompetensi profesional guru dengan nilai ryx = 0,831 dan ryx.z = 0,682 yang berarti ryx > ryx.z. sehingga dapat disimpulkan Ha4 diterima dan H04 ditolak. date: 2025-02-13 type: Thesis type: NonPeerReviewed format: text language: id identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/70849/1/20104090014_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf format: text language: id identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/70849/2/20104090014_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf identifier: Azza Lailatul Istnain, NIM.: 20104090014 (2025) HUBUNGAN KOMPETENSI PROFESIONAL GURU DAN KUALITAS PELAYANAN PENDIDIKAN TERHADAP KEPUASAN WALI MURID DI TPQ AR ROHMAH PANGGANG JEPARA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.