eprintid: 70853 rev_number: 11 eprint_status: archive userid: 12243 dir: disk0/00/07/08/53 datestamp: 2025-04-16 07:30:32 lastmod: 2025-04-16 07:30:32 status_changed: 2025-04-16 07:30:32 type: thesis metadata_visibility: show contact_email: muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id creators_name: Setri Sunu Rofifah, NIM.: 21104060045 title: PENGEMBANGAN VIDEO PRAKTIKUM SEDERHANA BERMUATAN DISCOVERY LEARNING PADA MATERI LAJU REAKSI BERPOTENSI UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA ispublished: pub subjects: 371.33 subjects: 540.7 divisions: pr_pendidikan_kimia_s1 full_text_status: restricted keywords: video pembelajaran; discovery learning; laju reaksi note: Jamil Suprihatiningrum, S.Pd.Si., M.Pd.Si., Ph.D. abstract: Penelitian ini dilakukan untuk mengembangkan video praktikum sederhana bermuatan discovery learning khususnya pada materi laju reaksi. Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan video praktikum sederhana bermuatan discovery learning, dan menganalisis kualitas video praktikum sederhana bermuatan discovery learning berdasarkan penilaian dosen ahli dan pendidik serta respon peserta didik terhadap video praktikum sederhana bermuatan discovery learning. Pengembangan ini menggunakan model ADDIE yaitu analisis (analysis), desain (design), pengembangan (development), implementasi (implementation), dan evaluasi (evaluation), namun tahap implementasi (implementation) tidak dilakukan dalam penelitian ini. Produk yang dikembangkan dikonsultasikan kepada dosen pembimbing, divalidasi oleh satu dosen ahli materi, satu dosen ahli media, 5 reviewers (pendidik kimia) serta direspon oleh 10 peserta didik SMA/MA kelas XI dan XII. Penilaian kualitas dilakukan dengan menggunakan instrumen berupa lembar angket skala Guttman. Sedangkan respon peserta didik dilakukan dengan menggunakan instrumen berupa lembar respon skala Likert. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengembangan video praktikum sederhana bermuatan discovery learning pada materi laju reaksi berupa media video konten youtube berjumlah empat video, berisi materi laju reaksi yang disertai praktikum bada bagian sub bab faktor-faktor yang dapat memengaruhi laju reaksi bermuatan discovery learning terdiri dari 6 sub bab materi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persentase keidealan penilaian kualitas video praktikum sederhana bermuatan discovery learning dari ahli materi 100% dengan kategori Sangat Baik (SB), ahli media 90% dengan kategori Sangat Baik, reviewer (guru kimia) 95,43% dengan kategori Sangat Baik. Buku bermuatan higher order thinking skill (HOTS) sifat koligatif larutan ini juga direspon positif dengan persentase sebesar 100%. date: 2025-02-28 date_type: published pages: 211 institution: UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA department: FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: Setri Sunu Rofifah, NIM.: 21104060045 (2025) PENGEMBANGAN VIDEO PRAKTIKUM SEDERHANA BERMUATAN DISCOVERY LEARNING PADA MATERI LAJU REAKSI BERPOTENSI UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/70853/1/21104060045_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/70853/2/21104060045_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf