<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "PENGEMBANGAN E-LKPD BERBASIS PENDEKATAN PENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIK INDONESIA (PMRI) UNTUK MEMFASILITASI KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP PADA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR TIGA VARIABEL (SPLTV) KELAS X"^^ . "Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan e-LKPD dengan pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) untuk memfasilitasi kemampuan pemahaman konsep pada materi sistem persamaan linear tiga variabel (SPLTV). Produk yang dikembangkan berupa Lembar Kerja Peserta Didik Elektronik (e-LKPD) berbasis pendekatan PMRI pada materi sistem persamaan linear tiga variabel (SPLTV) yang memenuhi kriteria kelayakan yaitu valid, praktis, dan efektif untuk memfasilitasi kemampuan pemahaman konsep peserta didik. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan (Research and Development/ R&D) dengan model pengembangan ADDIE (Analyze – Design – Develop – Implement – Evaluate). Subjek uji coba produk untuk penilaian e-LKPD ini terdiri dari empat ahli, sedangkan subjek implementasi dalam pembelajaran adalah peserta didik kelas X E1 SMA N 1 Minggir tahun ajaran 2024/2025. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah lembar validasi, lembar angket respon peserta didik, dan lembar post test. Teknik analisis data dalam penelitian ini terdiri dari analisis data kualitatif dan kuantitatif untuk menganalisis kevalidan, kepraktisan dan keefektifan produk. Berdasarkan hasil penelitian didapatkan kesimpulan bahwa 1) E-LKPD berbasis pendekatan pendidikan matematika realistik indonesia (PMRI) untuk memfasilitasi kemampuan pemahaman konsep pada materi sistem persamaan linear tiga variabel (SPLTV) berhasil dikembangkan melalui lima tahapan pengembangan model ADDIE, 2) Kualitas e-LKPD yang dikembangkan dinyatakan valid dengan nilai rata-rata sebesar 292,63 dan memperoleh kriteria baik. Respon peserta didik terhadap pembelajaran menggunakan e-LKPD ini memperoleh nilai rata-rata 55,98 dengan persentase keidealan sebesar 69,97%. sehingga e-LKPD ini dinyatakan praktis. Hasil tes kemampuan berpikir kritis diperoleh persentase ketuntasan peserta didik sebesar 78,33% dan dinyatakan efektif. Dengan demikian, e-LKPD berbasis PMRI ini telah memenuhi kriteria valid, praktis, dan efektif serta layak digunakan untuk memfasilitasi kemampuan pemahaman konsep peserta didik pada materi sistem persamaan linear tiga variabel (SPLTV)."^^ . "2025-01-30" . . . . "UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA"^^ . . . "FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA"^^ . . . . . . . . . "NIM.: 19104040013"^^ . "Muhammad Abdul Khakim"^^ . "NIM.: 19104040013 Muhammad Abdul Khakim"^^ . . . . . . "PENGEMBANGAN E-LKPD BERBASIS PENDEKATAN PENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIK INDONESIA (PMRI) UNTUK MEMFASILITASI KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP PADA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR TIGA VARIABEL (SPLTV) KELAS X (Text)"^^ . . . . . "19104040013_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf"^^ . . . "PENGEMBANGAN E-LKPD BERBASIS PENDEKATAN PENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIK INDONESIA (PMRI) UNTUK MEMFASILITASI KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP PADA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR TIGA VARIABEL (SPLTV) KELAS X (Text)"^^ . . . "PENGEMBANGAN E-LKPD BERBASIS PENDEKATAN PENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIK INDONESIA (PMRI) UNTUK MEMFASILITASI KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP PADA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR TIGA VARIABEL (SPLTV) KELAS X (Other)"^^ . . . . . . "PENGEMBANGAN E-LKPD BERBASIS PENDEKATAN PENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIK INDONESIA (PMRI) UNTUK MEMFASILITASI KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP PADA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR TIGA VARIABEL (SPLTV) KELAS X (Other)"^^ . . . . . . "PENGEMBANGAN E-LKPD BERBASIS PENDEKATAN PENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIK INDONESIA (PMRI) UNTUK MEMFASILITASI KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP PADA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR TIGA VARIABEL (SPLTV) KELAS X (Other)"^^ . . . . . . "PENGEMBANGAN E-LKPD BERBASIS PENDEKATAN PENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIK INDONESIA (PMRI) UNTUK MEMFASILITASI KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP PADA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR TIGA VARIABEL (SPLTV) KELAS X (Other)"^^ . . . . . . "PENGEMBANGAN E-LKPD BERBASIS PENDEKATAN PENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIK INDONESIA (PMRI) UNTUK MEMFASILITASI KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP PADA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR TIGA VARIABEL (SPLTV) KELAS X (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "PENGEMBANGAN E-LKPD BERBASIS PENDEKATAN PENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIK INDONESIA (PMRI) UNTUK MEMFASILITASI KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP PADA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR TIGA VARIABEL (SPLTV) KELAS X (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "PENGEMBANGAN E-LKPD BERBASIS PENDEKATAN PENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIK INDONESIA (PMRI) UNTUK MEMFASILITASI KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP PADA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR TIGA VARIABEL (SPLTV) KELAS X (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "PENGEMBANGAN E-LKPD BERBASIS PENDEKATAN PENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIK INDONESIA (PMRI) UNTUK MEMFASILITASI KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP PADA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR TIGA VARIABEL (SPLTV) KELAS X (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . "HTML Summary of #70855 \n\nPENGEMBANGAN E-LKPD BERBASIS PENDEKATAN PENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIK INDONESIA (PMRI) UNTUK MEMFASILITASI KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP PADA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR TIGA VARIABEL (SPLTV) KELAS X\n\n" . "text/html" . . . "510.7 Pendidikan Matematika" . .