%0 Thesis %9 Skripsi %A M. Fatkhul Anwar, NIM.: 21104010077 %B FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN %D 2025 %F digilib:70861 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %K Kurikulum Merdeka Belajar; perkembangan akhlak; peserta didik %P 157 %T PENGARUH PENERAPAN KURIKULUM MERDEKA BELAJAR TERHADAP PERKEMBANGAN AKHLAK PESERTA DIDIK KELAS XI SMA N 1 KALASAN TAHUN AJARAN 2024/2025 %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/70861/ %X Fenomena penurunan akhlak peserta didik di era digital, seperti perilaku agresif, ketidakjujuran akademik, dan penyimpangan akhlak memerlukan evaluasi penerapan kurikulum dalam membentuk karakter. Penelitian ini bertujuan untuk meneliti pengaruh penerapan kurikulum merdeka belajar terhadap perkembangan akhlak peserta didik di kelas XI SMA N 1 Kalasan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif deskriptif dengan desain ex-post facto model satu kelompok dan pengukuran retrospektif. Data dikumpulkan melalui angket retrospektif yang mencakup empat dimensi akhlak (akhlak terhadap Allah SWT, sesama manusia, diri sendiri, dan lingkungan) dengan skala likert 1-5. Sampel penelitian terdiri dari 127 peserta didik dari 252 populasi kelas XI yang dipilih secara acak. Hasil uji beda menggunakan Paired Sampel T-Test menunjukan perbedaan signifikan (Sig. 0.048 < 0.05), dan analisis N-Gain Score menunjukan hasil rata-rata -5.1470% (kategori “tidak efektif”). Kesimpulan penelitian ini adalah terdapat pengaruh penerapan kurikulum merdeka terhadap perkembangan akhlak peserta didik kelas XI SMA N 1 Kalasan. Besarnya pengaruh penerapan kurikulum merdeka belajar terhadap perkembangan akhlak peserta didik adalah sangat kecil yaitu sebesar -5.1470%. Penelitian ini merekomendasikan studi lanjutan dengan variabel pendukung seperti peran keluarga, lingkungan sosial, dan pendekatan pembelajaran kontekstual berbasis kearifan lokal. %Z Dr. Mohamad Agung Rokhimawan, M.Pd.