%A NIM.: 21104080006 Hany Ahyun Usadani %O Dr. Luluk Mauluah, M.Si. %T PENGEMBANGAN CURSIVE BOOK DENGAN DESAIN SENDRATARI RAMAYANA UNTUK MENINGKATKAN MINAT MENULIS TEGAK BERSAMBUNG DI SEKOLAH DASAR KELAS III %X Pada pembelajaran Bahasa Indonesia dalam materi menulis huruf tegak bersambung dibutuhkan keterampilan, ketelitian, dan kesabaran dalam menulisnya. Kurangnya minat menulis tegak bersambung di SDN Sumberagung menjadi salah satu alasan peneliti mengembangkan media Cursive Book dengan desain Sendratari Ramayana. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui karakteristik produk dalam meningkatkan minat menulis tegak bersambung, kelayakan produk, serta respon guru dan peserta didik terhadap produk Cursive Book. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pengembangan R&D (research and development). Adapun model yang digunakan adalah model Four-D Thiagarajan dengan terbatas pada 3 tahap pengembangan, yakni; define, design, dan develop. Instrumen pengumpulan data dalam penelitian pengembangan ini adalah wawancara, observasi, dan angket. Jenis angket yang digunakan yaitu, (1) angket dengan skala linkert untuk validator dan (2) angket dengan skala guttman untuk respon peserta didik. Hasil penilaian kelayakan produk oleh validator yaitu ahli materi dengan persentase 98,33 %, ahli media dengan persentase 93,33 %, dan ahli bahasa dengan persentase 86,15 %. Penilaian produk dari ketiga ahli media termasuk ke dalam kategori sangat layak. Adapun hasil penilaian dari guru wali kelas III sebagai reviewer adalah 96,09 % dengan kategori sangat layak. Sementara hasil uji keterbacaan peserta didik kelas III memperoleh persentase 94,79 % dengan kategori sangat baik. %K cursive book; ketrampilan menulis; kelayakan media; media pembelajaran %D 2025 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %L digilib70862