%A NIM.: 21104090084 Fikri Alfiyaturrahmah %O Dr. Imam Machali, S.Pd.I., M.Pd. %T PENGARUH BRAND IMAGE DAN BIAYA PENDIDIKAN TERHADAP KEPUTUSAN SISWA MEMILIH SEKOLAH DI MAN 2 BANTUL YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2024/2025 %X Penelitian ini mengkaji pengaruh citra merek dan Biaya pendidikan terhadap keputusan siswa dalam memilih sekolah di MAN 2 Bantul Yogyakarta. Di era kompetitif ini, sekolah perlu memahami bagaimana citra merek yang telah dibangun serta biaya pendidikan yang ditetapkan dapat mempengaruhi keputusan calon siswa dalam memilih sekolah. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang bertujuan untuk menganalisis pengaruh variabel Brand image (X) terhadap variabel keputusan memilih sekolah (Y) ketika dikontrol oleh variabel biaya pendidikan (Z) yang didasarkan oleh teori perilaku konsumen menurut Schiffman dan Kanuk. Penelitian ini dilaksanakan di MAN 2 Bantul dengan sampel 245 siswa. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik probability random sampling. Variabel independen dalam penelitian ini adalah Brand image, variabel dependen adalah keputusan memilih sekolahdan variabel kontrol adalah biaya pendidikan. Metode pengumpulan data dengan menggunakankuesioner. Sementara itu, teknik analisis data dengan statikstik deskriptif untuk mengetahui komposisi sampel, distribusi frekuensi data dan tabel silang, dan statistik inferensial untuk mengetahui adanya hubungan dan besaran pengaruh antara variabel X, Y dan Z. Analisis yang dilakukan adalah uji korelasi bivariat dan parsial dan uji regresi linear berganda. Hasil perbandingan antara koefisien korelasi bivariat antara X dan Y dengan koefisien korelasi parsial antara X dan Y serta Z menunjukkan koefisien ryx > ryx.z yaitu 0.697 > 0.481. Hasil ini didukung dengan analisis regresi yang menunjukkan bahwa kontribusi biaya pendidikan dalam meningkatkan keputusan siswa memilih sekolah lebih besar dibandingkan Brand image sekolah tersebut dengan persamaan regresi linear berganda Y = 5,719 + 0.666X + 0.889Z. Koefisien determinasi (R2) bernilai 0.621 memiliki arti bahwa variabilitas keputusan memilih sekolah mampu diterangkan oleh variabilitas Brand image dan biaya pendidikan sebesar 62.1%. Sisanya, sebesar 37.1% diterangkan oleh variabel lain yang tidak sedang diteliti di skripsi ini. %K brand image; biaya pendidikan; keputusan memilih %D 2025 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %L digilib70865