TY - THES N1 - Wed Giyarti, M.Si. ID - digilib70867 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/70867/ A1 - Rohimatul Janah, NIM.: 20104040064 Y1 - 2025/01/31/ N2 - Pemahaman konsep merupakan hal dasar yang harus ditekankan dalam pembelajaran matematika. Namun pada kenyataannya masih diketahui bahwa peserta didik masih mengalami kesulitan dalam memahami suatu konsep materi matematika, khususnya relasi dan fungsi. Oleh karena itu, diperlukan adanya inovasi dalam pembelajaran seperti mengembangkan E-LKPD yang memanfaatkan pesatnya kemajuan teknologi saat ini. Berdasarkan hal tersebut, penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan Lembar Kerja Peserta Didik Elektronik dengan pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) berkonteks sosial budaya Yogyakarta untuk memfasilitasi pemahaman konsep peserta didik pada materi relasi dan fungsi yang memenuhi kriteria valid, praktis, dan efektif. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan dengan model ADDIE yang meliputi Analyze (analisis), Design (desain), Develop (pengembangan), Implement (implementasi), dan Evaluate (evaluasi). Subjek uji coba dalam penelitian ini adalah dua dosen pendidikan matematika sebagai validator, satu pendidik mata pelajaran matematika sebagai penilai kepraktisan dari segi pendidik, serta 2 kelompok peserta didik dari kelas VIII di SMP Negeri 14 Yogyakarta sebagai kelas kontrol dan kelas eksperimen untuk mendapatkan tingkat keefektifan dari produk yang dikembangkan. Instrumen penelitian yang digunakan pada penelitian ini terdiri dari lembar pedoman wawancara, lembar validasi produk, lembar angket respon kepraktisan pendidik dan peserta didik, serta lembar pretest dan posttest pemahaman konsep. Teknik analisis data berupa analisis data kualitatif dan kuantitatif untuk menganalisis kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan produk. Hasil penelitian menunjukkan bahwa E-LKPD yang dikembangkan dinyatakan valid berdasarkan validasi ahli dengan perolehan rata-rata 78,82%. Setelah digunakan dalam pembelajaran di kelas, rata-rata nilai kepraktisan yang diberikan oleh peserta didik sebesar 82,08% dengan kategori praktis, sedangkan nilai yang diberikan pendidik sebesar 89,58% dengan kategori sangat praktis. E-LKPD yang dikembangkan juga dinyatakan efektif berdasarkan hasil ketuntasan belajar peserta didik yang mencapai nilai ? 75 sebanyak 76% dari keseluruhan peserta didik di kelas eksperimen, hal itu juga dikuatkan dengan hasil uji Independent Sample T-test yang mendapatkan nilai Sig. (2-tailed) 0,031 < 0,05. Ini berarti bahwa rata-rata pemahaman konsep peserta didik kelas eksperimen lebih baik daripada kelas kontrol. Berdasarkan hal tersebut, maka E-LKPD yang dikembangkan telah memenuhi kriteria valid, praktis, dan efektif serta layak digunakan untuk memfasilitasi pemahaman konsep peserta didik pada materi relasi dan fungsi. PB - UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA KW - E-LKPD; PMRI; sosial budaya; pemahaman konsep M1 - skripsi TI - PENGEMBANGAN E-LKPD DENGAN PENDEKATAN PMRI BERKONTEKS SOSIAL BUDAYA YOGYAKARTA UNTUK MEMFASILITASI PEMAHAMAN KONSEP PESERTA DIDIK PADA MATERI RELASI DAN FUNGSI AV - restricted EP - 317 ER -