eprintid: 70882 rev_number: 10 eprint_status: archive userid: 12243 dir: disk0/00/07/08/82 datestamp: 2025-04-24 02:06:21 lastmod: 2025-04-24 02:06:21 status_changed: 2025-04-24 02:06:21 type: thesis metadata_visibility: show contact_email: muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id creators_name: Nabilla Zayyan Maheswari, NIM.: 20104050033 title: PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH FISIKA UNTUK PESERTA DIDIK KELAS XI PADA MATERI GELOMBANG BUNYI DI MAN 2 WONOSOBO ispublished: pub subjects: 371.36 divisions: pr_pendidikan_fisika_s1 full_text_status: restricted keywords: pemecahan masalah, Problem Based Learning; sumber belajar note: Dr. Winarti, S.Pd., M.Pd.Si. abstract: Pembelajaran pada abad ke-21 yang menerapkan kurikulum merdeka menuntut peserta didik untuk mempunyai keterampilan, salah satunya yaitu kemampuan pemecahan masalah. Namun pemahaman yang kurang baik dalam memahami suatu informasi yang didapat membuat kemampuan pemecahan masalah yang dimiliki oleh peserta didik termasuk kedalam kategori rendah. Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mengetahui pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap kemampuan pemecahan masalah fisika peserta didik kelas XI. (2) Mengetahui tingkat kemampuan pemecahan masalah Fisika oleh peserta didik kelas XI. Penelitian ini termasuk dalam penelitian kuantitatif dengan jenis quasi eksperiment. Desain penelitian ini yaitu pretest-posttest control group design, sehingga data diperoleh dari perbandingan nilai pretest dan posttest yang kemudian akan dianalisis dengan menggunakan uji t. Subjek dari penelitian ini diambil dengan menggunakan teknik purposive sampling, karena hanya dua dari enam kelas yang menerima mata pelajaran fisika. Sehingga peserta didik kelas XI-1 dan XI-2 di MAN 2 Wonosobo terpilih sebagai sampel kelas kontrol dan kelas eksperimen. Berdasarkan hasil uji hipotesis dari nilai posttest kedua kelas, diperoleh besar Asymp. Sig. (2-tailed) sebesar 0,000. Nilai tersebut kurang dari 0,05 sehingga dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran PBL dianggap efektif dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah fisika. Tingkat kemampuan pemecahan masalah fisika juga dapat dilihat dari perolehan nilai N-Gain dengan presentase peningkatan pada kelas eksperimen sebesar 53,6% termasuk kedalam kategori cukup efektif. Sedangkan pada kelas kontrol yang menggunakan model Direct Intruction presentasenya sebesar 9,7% sehingga termasuk kedalam kategori tidak efektif. Perbedaan presentase nilai N-Gain dari kedua kelas tersebut cukup signifikan sehingga dapat disimpulkan bahwa kelas eksperimen mengalami peningkatan kemampuan pemecahan masalah fisika khususnya pada materi gelombang bunyi dengan presentase pada kelas eksperimen lebih tinggi daripada kelas kontrol. date: 2024-05-27 date_type: published pages: 251 institution: UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA department: FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: Nabilla Zayyan Maheswari, NIM.: 20104050033 (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH FISIKA UNTUK PESERTA DIDIK KELAS XI PADA MATERI GELOMBANG BUNYI DI MAN 2 WONOSOBO. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/70882/1/20104050033_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/70882/2/20104050033_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf